Garap Rebab Gending Kanyut Kendhangan Jangga Kalajengaken Ketawang Cakrawala Laras Slendro Pathet Sanga

Setiawan, Yogi (2025) Garap Rebab Gending Kanyut Kendhangan Jangga Kalajengaken Ketawang Cakrawala Laras Slendro Pathet Sanga. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Yogi Setiawan_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Yogi Setiawan_2025_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Yogi Setiawan_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Yogi Setiawan_2025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Yogi Setiawan_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=m2Dnfv8TgL8

Abstract

Skripsi yang berjudul “Garap Rebab Gending Kanyut Kendhangan Jangga Kalajengaken Ketawang Cakrawala Laras Slendro Pathet Sanga” adalah penelitian yang berfokus pada pembahasan garap ricikan rebab. Gending Kanyut merupakan gending ageng yang terdapat pada karawitan gaya Yogyakarta. Gending Kanyut menarik karena terdapat percampuran pathet dan permasalahan di dalamnya. Penulis memilih Gending Kanyut untuk disajikan dalam bentuk sajian lirihan. Pada garap lirihan Gending Kanyut bagian dhawah disajikan menggunakan kendhangan batangan (irama III). Penulis dalam penelitian ini bertujuan untuk menyajikan dan mendeskripsikan rebaban Gending Kanyut. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberi kontribusi kepada masyarakat karawitan khususnya dan masyarakat lain pada umumnya dalam pengaplikasian metode garap gending Gaya Yogyakarta. Tafsir garap rebab dilakukan secara bertahap dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis yang mencakup tafsir ambah-ambahan, pathet, dan padhang ulihan. Gending Kanyut merupakan ajang/materi garap yang diolah menggunakan metode 4 M + 1 E yaitu, memahami, mengidentifikasi, menerapkan, mempraktikkan, dan evaluasi. Penelitian ini berisi tafsir garap rebab yang menjadi ricikan utama dalam proses penggarapannya. Hasil penelitian yaitu tafsir ambah-ambahan, tafsir pathet, dan tafsir padhang-ulihan. Jenis kosokan rebab yang dipakai yaitu nibani, mbalung, nduduk, ngecrek, wangsul, sendhal-pancing. Cengkok rebab yang digunakan terdiri dari cengkok umum, khusus, gantungan, tuturan, dan minir. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Gending Kanyut yang patut diperhatikan adalah bagian lamba dan dados kenong pertama gatra ke 7, 8 kenong kedua gatra ke 3,4 dan kenong ke empat gatra 1, 2, 3, 4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Setiawan, Yoginim2110835012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMarsudi, Marsudinidn0010076112
ContributorSuhatmini Rokhayatun, Trinidn0029056101
Department: KODEPRODI91211#KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: garap, gending, kanyut, rebab, jangga
Subjects: Karawitan
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: Yogi Setiawan
Date Deposited: 23 Jun 2025 01:45
Last Modified: 23 Jun 2025 01:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19868

Actions (login required)

View Item View Item