Strategi Numerik untuk Pembelajaran Piano pada Remaja Pervasive Developmental Disorder

Agatha Putri Rianto, Sheehan (2025) Strategi Numerik untuk Pembelajaran Piano pada Remaja Pervasive Developmental Disorder. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Sheehan Agatha Putri Rianto_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Sheehan Agatha Putri Rianto_2025_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sheehan Agatha Putri Rianto_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Sheehan Agatha Putri Rianto_2025_PERNYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
Sheehan Agatha Putri Rianto_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan strategi numerik untuk pembelajaran piano pada remaja Pervasive Developmental Disorder (PDD). Permasalahan dalam penelitian ini adalah remaja penyandang PDD yang mengalami kesulitan dalam memahami aspek ritmis dan ekspresi musikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan strategi numerik dapat menjadi metode pembelajaran yang adaptif untuk membantu remaja penyandang PDD memahami aspek teknik serta interpretasi musik lebih lanjut. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Materi pembelajaran piano mengacu pada buku Beyer for Children Kawai Edition dan Soundtree Kawai, Hasil penelitian diantaranya: Proses penerapan strategi numerik dilakukan melalui tahapan penomoran jari, penomoran ketukan pada notasi, serta pelafalan ritme secara verbal yang dapat meningkatkan aspek musikal seperti artikulasi, frasering, dinamika, ritmis dan tempo; Penerapan strategi numerik berdampak meningkatkan kemampuan teknis siswa dalam koordinasi motorik halus, peningkatan fokus dan konsentrasi selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Agatha Putri Rianto, Sheehannim21103140132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRamafisela, Lingganidn0010039204
ContributorFaozata Adzkia, Sagafnidn0012048408
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Strategi numerik; pervasive developmental disorder; piano; pendidikan musik inklusif
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Sheehan Agatha Putri Rianto
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:18
Last Modified: 24 Jun 2025 07:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20072

Actions (login required)

View Item View Item