Perancangan Modul Ajar Seni Musik Berdasarkan Konsep P5 Pada Siswa Kelas 1 Sd Kanisius Kumendaman Yogyakarta

Suryani Simamora, Elisabeth (2025) Perancangan Modul Ajar Seni Musik Berdasarkan Konsep P5 Pada Siswa Kelas 1 Sd Kanisius Kumendaman Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Elisabeth Suryani Simamora_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Elisabeth Suryani Simamora_2025_BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
Elisabeth Suryani Simamora_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Elisabeth Suryani Simamora_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Elisabeth Suryani Simamora_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang modul ajar Seni Musik bagi guru Seni Musik berdasarkan konsep Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi siswa kelas 1 di SD Kanisius Kumendaman Yogyakarta. Konsep P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin yang berfokus pada penguatan karakter siswa berlandaskan nilai-nilai Pancasila melalui pelaksanaan proyek nyata di lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang meliputi tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif berdasarkan hasil angket validasi dari ahli materi, ahli media, serta tanggapan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar Seni Musik yang dikembangkan telah melalui tahap uji coba dan memperoleh penilaian sangat layak. Validasi oleh ahli materi menghasilkan skor rata-rata 91,6%, validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 84,4%, sedangkan tanggapan dari pendidik di SD Kanisius Kumendaman mencapai 83,3%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul ajar Seni Musik berbasis konsep P5 layak digunakan dalam pembelajaran siswa kelas 1 sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Suryani Simamora, Elisabethnim21102780132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTio Parahita Nainggolan, Oriananidn0025058303
ContributorArtanto, Meinidn0011059003
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, P5, modul ajar, SD Kanisius Kumendaman Yogyakarta
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Elisabeth Suryani Simamora
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:26
Last Modified: 25 Jun 2025 05:52
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20523

Actions (login required)

View Item View Item