Angel Gloria, Galatia (2025) Penerapan Notasi Braille Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik di Sekolah Luar Biasa A (Tunanetra) Bina Insani Bandar Lampung. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Galatia Angel Gloria_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Galatia Angel Gloria_2025_BAB 1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Galatia Angel Gloria_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Galatia Angel Gloria_2025_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Galatia Angel Gloria_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan Notasi Braille dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik di SLB A Bina Insani Bandar Lampung ditujukan sebagai upaya pemenuhan aksesibilitas pendidikan musik bagi siswa tunanetra untuk membantu dan mempermudah dalam mengenal dan memahami notasi musik yang sebelumnya di sekolah tersebut belum diberikan, akan tetapi pelaksanaan pembelajaran belum terlaksana dengan optimal dikarenakan kurangnya waktu dalam mengimplementasi pembelajaran notasi braille sehingga membutuhkan waktu yang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pendekatan studi kasus digunakan dalam kajian ini yang bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis setiap proses penerapan notasi braille dalam pembelajaran ekstrakurikuler musik di SLB A Bina Insani Bandar Lampung. Proses pembelajaran dilalui dengan tiga tahap yaitu; perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Terdiri lima siswa tunanetra yang mengikuti pembelajaran ekstrakurikuler musik di SLB A Bina Insani Bandar Lampung digunakan sebagai subyek penelitian. Dalam menyajikan hasil penelitian ini yaitu dengan melakukan tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data-data penelitian menggunakan teknik reduksi, teknik menampilkan data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah proses penerapan pembelajaran dalam mengenalkan dan mempelajari notasi musik dengan media braille melalui metode solfegio sehingga penerapan notasi braille dalam pembelajaran ekstrakurikuler musik di SLB A Bina Insani Bandar Lampung dapat membantu siswa tunanetra dalam mengenali dan memahami notasi musik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tunanetra, Notasi Braille, Metode Solfegio | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Galatia Angel Gloria | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:39 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 08:39 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20649 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |