Callista Putri, Nur Amalia (2025) Redesain Interior Gedung Desain Interior ISI Yogyakarta dengan Pendekatan Human Centered Design. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Nur Amalia Callista Putri_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Nur Amalia Callista Putri_2025_BAB I.pdf Download (758kB) |
![]() |
Text
Nur Amalia Callista Putri_2025_PENUTUP.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
Nur Amalia Callista Putri_2025_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Nur Amalia Callista Putri_2025_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Nur Amalia Callista Putri_2025_PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (187kB) |
![]() |
Video (Video (Karya))
view_usp=sharing Download (41kB) |
Abstract
Pendidikan tinggi tidak hanya menjadi sarana akademik, tetapi juga ruang sosial yang membentuk budaya belajar dan kolaborasi. Prodi Desain Interior ISI YK, sebagai institusi seni terkemuka yang telah meraih akreditasi “Unggul”, masih menghadapi tantangan pada aspek lingkungan fisik seperti pencahayaan, sirkulasi udara, dan tata ruang. Metode perancangan yang digunakan berbasis pendekatan Human Centered Design dengan mempertimbangkan standar fasilitas pendidikan tinggi serta karakteristik institusi seni dan tema Adaptive Learning untuk menciptakan ruang belajar yang ergonomis, representatif, dan fleksibel. Desain mengusung gaya modern kontemporer yang mencerminkan semangat inovatif, serta mengintegrasikan warna dan identitas visual program studi sebagai elemen karakter keilmuan. Konsep “Metamorphic Space” digunakan untuk mewujudkan ruang yang dinamis, multifungsi, dan adaptif terhadap berbagai aktivitas akademik. Hasil akhir perancangan menunjukkan bahwa penggunaan beragam elemen modular dan adaptif mampu mendukung kenyamanan, efisiensi, serta fleksibilitas ruang belajar. Integrasi antara fungsi, pemilihan material yang sesuai, dan ekspresi visual yang kuat menjadikan ruang kampus lebih produktif, inspiratif, dan berkarakter. Tata ruang yang responsif terhadap kebutuhan pengguna turut memperkuat citra institusi serta meningkatkan daya saing akademik di tingkat nasional maupun internasional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90221#DESAININTERIOR | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Desain Kampus, Kampus Seni, Human Centered Design, Adaptive learning, Modern Kontemporer | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior | |||||||||
Depositing User: | Nur Amalia Callista Putri | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 01:02 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:25 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |