Representasi Visual Product Placement Honda Odyssey Pada Film Deadpool And Wolverine 2024

Tegar Rifani, Muhammad (2025) Representasi Visual Product Placement Honda Odyssey Pada Film Deadpool And Wolverine 2024. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
MUHAMMAD TEGAR RIFANI_2025_PERYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
MUHAMMAD TEGAR RIFANI_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
MUHAMMAD TEGAR RIFANI_2025_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD TEGAR RIFANI_2025_BAB V Penutup.pdf

Download (802kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji representasi visual dari product placement Honda Odyssey dalam film Deadpool and Wolverine (2024). Seiring meningkatnya persaingan antar merek, product placement telah menjadi strategi iklan utama dengan menyisipkan merek ke dalam narasi film secara halus dan menarik. Dengan menggunakan teori representasi dari Stuart Hall dan teori subliminal advertising, penelitian ini menganalisis bagaimana Honda Odyssey ditampilkan dalam adegan-adegan terpilih melalui tanda visual, interaksi antar karakter, dan konteks simbolik. Studi ini menggunakan pendekatan representasi visual untuk mengeksplorasi bagaimana elemen-elemen tersebut membentuk persepsi penonton dan berkontribusi pada pembentukan citra merek. Temuan menunjukkan bahwa product placement tidak hanya berfungsi sebagai alat komersial, tetapi juga sebagai instrumen kultural yang membangun koneksi emosional dan memengaruhi interpretasi penonton. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana komunikasi visual dan strategi subliminal saling berkaitan dalam pemasaran film kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Tegar Rifani, Muhammadnim2012666024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
ContributorAtiyatunnajah, Megawatinidn0020068705
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: product placement, representasi visual, Honda Odyssey, Deadpool and Wolverine, subliminal advertising.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: MUHAMMAD TEGAR RIFANI
Date Deposited: 30 Jun 2025 01:51
Last Modified: 30 Jun 2025 01:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item