Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat "Sudah Bersih?"

Basilios Pris Januar Puspito, 1011967024 (2017) Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat "Sudah Bersih?". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Other (KARYA)
CETAK.rar
Restricted to Repository staff only

Download (52MB) | Request a copy
[img] Other (KARYA)
VIDEO.rar
Restricted to Repository staff only

Download (153MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Perancangan "Video Iklan Layanan Masyarakat- Sudah Bersih?" ini dibuat untuk memacu kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Menurut berbagai sumber yang ada Indonesia menjadi negara terkotor ke-7 di dunia, tentu ini bukan menjadi sebuah kebanggaan melainkan sebuah tamparan keras. Penyebab utamanya adalah perilaku NIMBY oleh masyarakat urban. NIMBY (Not In My Back Yard), adalah fenomena dimana orang peduli akan kebersihan lingkungan tetapi hanya sebatas di lingkungan rumahnya saja, kebersihan di tempat lain cenderung untuk tidak mau tahu karena merasa itu bukan tanggung jawabnya. Sehingga permasalahan utamanya adalah soal mental. Menurut data dari Kantor Perpustakaan Nasional daya baca masyarakat Indonesia termasuk rendah, 10% masyarakat berumur sepuluh tahun kebawah gemar membaca tetapi sembilan puluh persen di atas sepuluh tahun gemar menonton televisi. Dari data inilah video dipilih untuk dijadikan media iklan layanan masyarakat, merujuk dari data yang sudah ada jika memberikan himbauan dalam bentuk teks tidak akan bekerja secara efektif karena daya baca masyarakat Indonesia rendah. Konten yang akan ditampilkan dalam video tentu tidak secara gamblang menampilkan tentang sampah, tetapi akan ditampilkan dengan bentuk dramaromantis. Masyarakat Indonesia masih menjadikan tontonan drama-romantis ini menjadi tontonan favorit mereka ini bisa ditemukan pada jumlah penonton film drama-romantis selama sepuluh tahun terakhir selalu menunjukkan angka yang besar. Sehingga dirasa video iklan layanan masyarakat ini nanti bisa menjadi iklan yang mengedukasi, menghibur dan tentunya mempersuasi masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Kata kunci : Video, mental, sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Basilios Pris Januar Puspito, 1011967024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Arief Agung Suwasono; Wibowo
Uncontrolled Keywords: Video, mental, sampah
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:09
Last Modified: 10 Aug 2017 03:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item