Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Media Sosial Mindful Adopt Untuk Kesejahteraan Kucing Liar

Pingkan Sukmana, Alifah (2025) Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Media Sosial Mindful Adopt Untuk Kesejahteraan Kucing Liar. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
ALIFAH PINGKAN SUKMANA_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
ALIFAH PINGKAN SUKMANA_2025_KETERANGAN BAB.pdf

Download (739kB)
[img] Text
ALIFAH PINGKAN SUKMANA_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (462kB)
[img] Text
ALIFAH PINGKAN SUKMANA_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Image
ALIFAH PINGKAN SUKMANA_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Tingkat kesejahteraan kucing liar di Indonesia masih rendah akibat penelantaran, kekerasan, dan overpopulasi, yang diperburuk oleh rendahnya kepedulian serta minimnya pemahaman masyarakat. Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum menyadari berbagai manfaat positif dari merawat dan mengadopsi kucing. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancang kampanye sosial Mindful Adopt untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat terhadap kesejahteraan kucing liar serta memperkenalkan manfaat mengadopsi melalui media sosial TikTok dan Instagram. Perancangan dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan analisis menggunakan pendekatan 5W+1H. Hasil dari perancangan ini berupa konten visual yang disusun dalam empat tahap konten, yaitu tahap manfaat, fakta, mindful adopt, dan testimoni. Konten dirancang menggunakan pendekatan storytelling dan dikemas secara edukatif, emosional, dan menghibur. Seluruh konten dipublikasikan melalui akun “MengBercerita” (@MengBercerita) di platform Tiktok dan Instagram. Kampanye juga dilengkapi dengan media pendukung template story Instagram, kartu interaktif, botol street feeding, dan sticker Whatsapp dan cetak untuk mendorong keterlibatan audience.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Pingkan Sukmana, Alifahnim2012659024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorUtama, Adityanidn0009098410
ContributorElsha, Debbynidn0504128801
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: kampanye, media sosial, adopsi kucing, kucing liar, Tiktok, Instagram.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Alifah Pingkan Sukmana
Date Deposited: 30 Jun 2025 01:21
Last Modified: 30 Jun 2025 02:41
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21206

Actions (login required)

View Item View Item