Peran Modal Musikal dan Model Pembelajaran Otodidak Untuk Menjadi Gitaris Musik Pop: Studi Kasus Musisi Jalanan di Kodya Yogyakarta

Isydora Bonggaminanga, Putri (2025) Peran Modal Musikal dan Model Pembelajaran Otodidak Untuk Menjadi Gitaris Musik Pop: Studi Kasus Musisi Jalanan di Kodya Yogyakarta. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
PUTRI ISYDORA BONGGAMINANGA_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
PUTRI ISYDORA BONGGAMINANGA_2025_BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
PUTRI ISYDORA BONGGAMINANGA_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (341kB)
[img] Text
PUTRI ISYDORA BONGGAMINANGA_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (256kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami modal musikal dan model pembelajaran otodidak dalam proses penguasaan gitar musik pop oleh musisi jalanan di Kodya Yogyakarta. Latar belakangnya berangkat dari kenyataan bahwa banyak gitaris jalanan mampu memainkan lagu-lagu pop dengan baik meskipun tidak pernah mengenyam pendidikan musik formal. Masalah yang dikaji meliputi bagaimana model pembelajaran otodidak terbentuk, jenis modal musikal apa saja yang dimiliki, serta alasan mengapa pendekatan otodidak bisa menghasilkan penguasaan musikal yang efektif. Sebagai landasan analisis, penelitian ini mengacu pada teori pembelajaran sosial dari Albert Bandura yang menekankan individu belajar dari masyarakat. Teori ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana gitaris otodidak belajar secara mandiri, dengan mengolah pengalaman musikal mereka menjadi pengetahuan yang bersifat reflektif dan kontekstual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara semi terstruktur dengan empat gitaris otodidak, serta studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara tematik menggunakan bantuan perangkat lunak NVivo, yang membantu mengelompokkan temuan berdasarkan tema seperti pendekatan belajar, sarana belajar, elemen musikal, dan hasil capaian belajar gitaris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran gitaris otodidak terbentuk dari pengalaman sosial dengan melalui empat tahap penting seperti attention, retention,reproduction, motivation. Modal musikal seperti melodi utama, nada dasar, tangga nada, progresi akor, hingga akor dasar menjadi pondasi dalam memahami dan memainkan lagu secara intuitif. Pendekatan belajar yang fleksibel, aktif, dan adaptif ini terbukti mampu membentuk kemampuan musikal secara mandiri tanpa bergantung pada lembaga pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Isydora Bonggaminanga, Putrinim2321545412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjohan, Djohannidn0017126101
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAANDANPENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: modal musikal; pembelajaran otodidak; gitaris musik pop.
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Putri Isydora Bonggaminanga
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:46
Last Modified: 14 Jul 2025 04:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21454

Actions (login required)

View Item View Item