Hadi Nastantio, Ischak (2025) Pengembangan Pola Permainan Sasando: Idiom Musikal Sasandu Rote Sebagai Ide Penciptaan Karya Sangguana #1. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
ISCHAK HADI NASTANTIO_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text
ISCHAK HADI NASTANTIO_2025_BAB I.pdf Download (560kB) |
![]() |
Text
ISCHAK HADI NASTANTIO_2025_BAB V.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
ISCHAK HADI NASTANTIO_2025_LAMPIRAN DAN FULL SCORE.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ISCHAK HADI NASTANTIO_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pola permainan sasando dengan mengkaji idiomatik sasandu di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando adalah alat musik tradisional yang memiliki keunikan dalam teknik permainan dan suara yang tidak hanya mencerminkan kearifan lokal, tetapi juga berfungsi sebagai medium ekspresi masyarakat Rote. Fokus utama penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengembangkan pola permainan sasando berdasarkan idiom- idiom musikal dalam konteks budaya musik Rote dan idiom musik sasando yang berkembang. Pola permainan yang dimainkan dalam instrumen sasando muncul dengan hanya memakai kaidah-kaidah teori musik barat dan tanpa kaidah-kaidah permainan atau idiom musikal sasandu Rote, dari sasandu yang secara jelas ada pada idiom musik sasandu (pentatonis). Penulis merasa musik ini penting untuk diteliti karena pada dasarnya akan memberikan sumbangsih pengetahuan pola permainan sasando dengan menjalankan kaidah-kaidah pada instrumen sasandu. Penulis melakukan eksplorasi dengan pola ritme, pola melodi dan penggabungan elemen idiom musik sasandu dengan teori musik barat dalam hal ini penjarian teknik chord, arrpegio, tutti pada sasando dan teknik penjarian lainnya. Penelitian ini bertujuan menemukan proses eksplorasi dari peleburan antara musik sasandu Rote dan teori musik barat. Penelitian ini menggunakan metode Practice-Led Research untuk proses penciptaan karya “sangguana #1” dengan tahapan pengumpulan data, eksplorasi, eksperimen, dan evaluasi. Tahapan-tahapan pada metode penelitian ini ditemukan persamaan pemahaman di tiga nusak di pulau Rote yakni teknik nggasa dan leko yang diyakini penting dalam pola permainan sasandu, kemudian digunakan dalam permainan instrumen sasando kemudian dianalisis menggunakan teori musik barat dan diproses dalam bentuk karya konserto sasando agar dapat menunjukan hasil pengembangan pola permainan dan skil pola permainan yang ditonjolkan dalam karya. “Sangguana #1”. Penelitian ini membuktikan bahwa kesenian musik sasandu Rote ini dapat dikaji dan diolah secara ilmiah. Pola melodi, ritme dan teknik arrpegio dengan peleburan idiom musik sasandu, dalam hal ini penemuan teknik nggasa dan leko mampu menghadirkan suasana baru terhadap pengembangan pola permainan sasando dengan keterbatasan yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101# PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Sasandu, Sasando, Sangguana #1, Idiom musikal, Pengembangan. | ||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | Ischak Hadi Nastantio | ||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:11 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:20 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |