Metode Pembelajaran Biola Suzuki Di Tinjau Dari Perspektif Quantum

Martopo, Hari (2004) Metode Pembelajaran Biola Suzuki Di Tinjau Dari Perspektif Quantum. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (15MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69MB)

Abstract

Dibandingkan dengan Methode Eropa, Metode Suzuki dapat dikategorikan sebagai metode yang modern dan kreatif. Menurut lingkungan, sifat, dan potensinya, metode itu mirip dengan model pembelajaran quantum. Metode pembelajaran musik yang mengadopsi teknik belajar irnitatif dan repetitif dari metode bahasa-ibu (Mother-tongue method), menekankan penting-nya pendidikan bakat musik sedini mungkin untuk anak dengan pendekatan cinta dan partisipasi orangtua. Mirip dengan mekanika quantum yang berhasil melahirkan paradigma baru dalam bidang fisika, metode itu menolak paradigma lama tentang bakat turunan - bakat harus diberikan melalui pendidikan yang tepat. Metode Suzuki merupakan teknologi pedagogi musik yang modern, alami, dan inovatif. Lima pokok bahasan berkaitan dengan metode itu: (1) Repertoar musik; (2) Biografi Shinichi Suzuki (1898-1998); (3) Filsafat pendidikan Nurtured by Love; (4) Konsepnya tentang pendidikan bakat; (5) Pro dan kontra tentang metode itu. Pokok pertama, repertoar musik, telah populer digunakan para pendidik musik, tetapi keempat pokok lainnya kurang dikenal. Tesis ini menjelaskan empat pokok tersebut agar Metode Suzuki dapat dipahami seutuhnya. Melalui studi pustaka dan observasi pada studio-studio pembelajaran biola, dapat disimpulkan metode itu mengandung sifat-sifat quantum seperti dualitas, omnijektif, indeterministik, dan partisipatoris. Paradigma quantum kelak dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan musik melalui riset-riset terapan dalam proses pembelajaran musik terutama yang berkaitan dengan kecerdasan-kecerdasan: linguistik, matematik, visual, intuitif, dan lain-Iainnya. Pembelajaran musik dapat diperkaya dengan cara mengadopsi model pembelajaran quantum dan berpikir secara quantum; misalnya, guru dan orangtua menggunakan berbagai macam pendekatan seperti pikiran positif, mengubah rasa takut menjadi semangat, sabar, percaya, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Martopo, Harinim102K/MS-mb/02
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDwi Marianto, Martinusnidn0019105606
Department: KODEPRODI91001#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: Metode Suzuki, Paradigma, Bahasa Ibu
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 27 Aug 2025 06:56
Last Modified: 27 Aug 2025 06:56
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21817

Actions (login required)

View Item View Item