Y. Murdiyati, Y. Murdiyati (2003) Tari Bedhaya Purnama Jati Karya K.R.T Sasmintadipura Teknik dan Proses Penciptaannya. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (87MB) | Request a copy |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui teknik dan proses penciptaan tari Bedhaya Purnama Jati karya K.R.T. Sasmintadipura dan untuk merangkum hasil kreativitas tari terse but sampai figur penciptanya. Tari Bedhaya Purnama Jati dicipta pada tahun 1992 dan pertama kali dipentaskan untuk memeriahkan suasana acara ulang tahun B.R.Ay. Pujakusuma yang ketujuhpuluhdua. Oleh sebab itu tari ini bukan yasan Dalem (karya Raja) melainkan karya K.R.T. Sasmintadipura. Berarti dari ide hingga menjadi satu bentuk penyajian yang utuh adalah berasal dari K.R.T. Sasmintadipura. Hal ini antara lain yang mendorong dilakukannya pengkajian terhadap tari terse but dari segi teknik dan proses penciptaannya. Selain itu alasan pemilihan tari Bedhaya Purnama Jati karena di dalamnya terdapat motif gerak dan pola lantai yang spesifik serta penggarapan melodi dan dinamika dalam iringan tarinya. Spesifikasi terse but adalah motif gerak ngestuti pudyeng tawang dan ngenceng tumali, pola lantai yang berbentuk huruf X dan diagonal, serta penggarapan melodi dalam gending Purnama Jati, ladrang Gilar-gilar, ketawang nDadari dan Gati Sumunar, juga penggarapan dinamika khususnya dengan variasi suara koor putri, koor putra, solo putri, solo putra dan koor putra putri. Berkaitan dengan hal tersebut, munculnya kreativitas K.R.T. Sasmintadipura melalui proses yang panjang yaitu sejak keterlibatannya sebagai penari putri di keraton Yogyakarta hingga menjadi guru tari dan pencipta tari. Sudah barang tentu kehadiran spesifikasi dalam karyanya memiliki maksud yang sesuai dengan isi tariannya sehingga isi gerak menghadirkan bentuk dan teknik yang cocok dengan isinya, dan bila dilihat dari jumlah penarinya menghadirkan bermacam-macam pusat perhatian yang kemudian diproyeksikan terhadap penonton dan pengamat. Perihal penafsiran maknanya tergantung persepsi penonton dan pengamat tersebut. Hasil analisisnya menunjukkan bahwa penciptaan Tari Bedhaya Purnama Jati benar-benar merupakan karya yang kaya akan pembaharuan yang memproyeksikan tafsir makna.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | tari klasik, Bedhaya Purnama Jati | |||||||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | |||||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | |||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:49 | |||||||||
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:49 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |