Tari Bedhaya Purnama Jati Karya K.R.T Sasmintadipura Teknik dan Proses Penciptaannya

Y. Murdiyati, Y. Murdiyati (2003) Tari Bedhaya Purnama Jati Karya K.R.T Sasmintadipura Teknik dan Proses Penciptaannya. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui teknik dan proses penciptaan tari Bedhaya Purnama Jati karya K.R.T. Sasmintadipura dan untuk merangkum hasil kreativitas tari terse but sampai figur penciptanya. Tari Bedhaya Purnama Jati dicipta pada tahun 1992 dan pertama kali dipentaskan untuk memeriahkan suasana acara ulang tahun B.R.Ay. Pujakusuma yang ketujuhpuluhdua. Oleh sebab itu tari ini bukan yasan Dalem (karya Raja) melainkan karya K.R.T. Sasmintadipura. Berarti dari ide hingga menjadi satu bentuk penyajian yang utuh adalah berasal dari K.R.T. Sasmintadipura. Hal ini antara lain yang mendorong dilakukannya pengkajian terhadap tari terse but dari segi teknik dan proses penciptaannya. Selain itu alasan pemilihan tari Bedhaya Purnama Jati karena di dalamnya terdapat motif gerak dan pola lantai yang spesifik serta penggarapan melodi dan dinamika dalam iringan tarinya. Spesifikasi terse but adalah motif gerak ngestuti pudyeng tawang dan ngenceng tumali, pola lantai yang berbentuk huruf X dan diagonal, serta penggarapan melodi dalam gending Purnama Jati, ladrang Gilar-gilar, ketawang nDadari dan Gati Sumunar, juga penggarapan dinamika khususnya dengan variasi suara koor putri, koor putra, solo putri, solo putra dan koor putra putri. Berkaitan dengan hal tersebut, munculnya kreativitas K.R.T. Sasmintadipura melalui proses yang panjang yaitu sejak keterlibatannya sebagai penari putri di keraton Yogyakarta hingga menjadi guru tari dan pencipta tari. Sudah barang tentu kehadiran spesifikasi dalam karyanya memiliki maksud yang sesuai dengan isi tariannya sehingga isi gerak menghadirkan bentuk dan teknik yang cocok dengan isinya, dan bila dilihat dari jumlah penarinya menghadirkan bermacam-macam pusat perhatian yang kemudian diproyeksikan terhadap penonton dan pengamat. Perihal penafsiran maknanya tergantung persepsi penonton dan pengamat tersebut. Hasil analisisnya menunjukkan bahwa penciptaan Tari Bedhaya Purnama Jati benar-benar merupakan karya yang kaya akan pembaharuan yang memproyeksikan tafsir makna.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Y. Murdiyati, Y. Murdiyatinim001/ST-st/00
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHadi, Y. Sumandiyonidn0017074907
ContributorDjoharnurani, SriUNSPECIFIED
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: tari klasik, Bedhaya Purnama Jati
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 28 Aug 2025 01:49
Last Modified: 28 Aug 2025 01:49
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21845

Actions (login required)

View Item View Item