Nurhadi, 1210020124 (2017) Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab i.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab v pen.pdf Download (801kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal Tugas Akhir Nurhadi 1212245024.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Other (karya)
karya.rar Restricted to Repository staff only Download (503MB) | Request a copy |
||
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Suku Dayak Ngaju memahami dunianya (kosmologi) melalui pemaknaan terhadap Batang Garing (Pohon Kehidupan). Pohon ini diyakini diturunkan langsung oleh Tuhan Suku Dayak Ngaju yang disebut Ranying Hatalla Langit (Tuhan Yang Maha Esa). Hal ini dapat ditemu dalam Tetek Tatum (Ratap Tangis Sejati), yaitu cerita tentang asal-usul nenek moyang, sejarah dan epik kepahlawanan Suku Dayak Ngaju kepada generasi penerus. Cerita berseri ini dilantunkan atau dinyanyikan sebagai pengantar tidur diiringi dengan alat musik kecapi. Selain itu, juga menjadi salah satu cara membentuk sikap dan perilaku anak. Menurut Tetek Tatum leluhur Suku Dayak Ngaju merupakan ciptaan langsung Ranying Hatalla Langit yang sempurna, yang ditugaskan untuk menjaga bumi dan isinya agar tidak rusak. Seiring berjalanya waktu, cerita-cerita bertemakan kearifan lokal ini makin susah kita temui. Perkembangan teknologi dan berbagai jenis media saat ini masih belum banyak dimanfaatkan dalam mengembangkan dan memperkenalkan kearifan budaya lokal, sehingga makin lama kebudayaan lokal tersebut semakin dilupakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka terciptalah sebuah ide untuk menghadirkan kembali kebudayaan lokal itu dalam bentuk media populer yang mengikuti perkembangan zaman. Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son of Ranying Hatalla Langit” dibuat dengan teknik Digital Painting yang menggunakan komputer dan Pen Tablet serta aplikasi Adobe Photoshop sebagai media pembuatannya. TCG merupakan permainan kartu yang menggabungkan unsur Visual dan Story Telling di dalamnya, sehingga sangat cocok dijadikan media utama dalam menyampaikan dan memperkenalkan cerita rakyat Dayak Ngaju. Diharapkan dengan perancangan Tugas Akhir dengan menggunakan media Trading Card Game yang populer dan dekat di kalangan para generasi muda ini dapat memupuk kecintaan para pemainnya akan kebudayaan lokal suku Dayak Ngaju. Sehingga para generasi muda dapat terus melestarikan kearifan lokal sebagai tanggung jawab bersama agar tetap terjaga sebagai kekayaan warisan leluhur kita.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Indiria Maharsi ; Andika Indrayana | ||||
Uncontrolled Keywords: | Suku Dayak Ngaju, Ranying Hatalla Langit, Batang garing, Cerita Rakyat, Tabletop, Trading Card Game | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 17 Oct 2017 04:09 | ||||
Last Modified: | 17 Oct 2017 04:09 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2512 |
Actions (login required)
View Item |