Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”

Nurhadi, 1210020124 (2017) Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son Of Ranying Hatalla Langit”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab v pen.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal Tugas Akhir Nurhadi 1212245024.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Other (karya)
karya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (503MB) | Request a copy
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Suku Dayak Ngaju memahami dunianya (kosmologi) melalui pemaknaan terhadap Batang Garing (Pohon Kehidupan). Pohon ini diyakini diturunkan langsung oleh Tuhan Suku Dayak Ngaju yang disebut Ranying Hatalla Langit (Tuhan Yang Maha Esa). Hal ini dapat ditemu dalam Tetek Tatum (Ratap Tangis Sejati), yaitu cerita tentang asal-usul nenek moyang, sejarah dan epik kepahlawanan Suku Dayak Ngaju kepada generasi penerus. Cerita berseri ini dilantunkan atau dinyanyikan sebagai pengantar tidur diiringi dengan alat musik kecapi. Selain itu, juga menjadi salah satu cara membentuk sikap dan perilaku anak. Menurut Tetek Tatum leluhur Suku Dayak Ngaju merupakan ciptaan langsung Ranying Hatalla Langit yang sempurna, yang ditugaskan untuk menjaga bumi dan isinya agar tidak rusak. Seiring berjalanya waktu, cerita-cerita bertemakan kearifan lokal ini makin susah kita temui. Perkembangan teknologi dan berbagai jenis media saat ini masih belum banyak dimanfaatkan dalam mengembangkan dan memperkenalkan kearifan budaya lokal, sehingga makin lama kebudayaan lokal tersebut semakin dilupakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka terciptalah sebuah ide untuk menghadirkan kembali kebudayaan lokal itu dalam bentuk media populer yang mengikuti perkembangan zaman. Perancangan Tabletop Trading Card Game Adaptasi Cerita Rakyat Dayak Ngaju Bergenre Fantasi “Kesah: Son of Ranying Hatalla Langit” dibuat dengan teknik Digital Painting yang menggunakan komputer dan Pen Tablet serta aplikasi Adobe Photoshop sebagai media pembuatannya. TCG merupakan permainan kartu yang menggabungkan unsur Visual dan Story Telling di dalamnya, sehingga sangat cocok dijadikan media utama dalam menyampaikan dan memperkenalkan cerita rakyat Dayak Ngaju. Diharapkan dengan perancangan Tugas Akhir dengan menggunakan media Trading Card Game yang populer dan dekat di kalangan para generasi muda ini dapat memupuk kecintaan para pemainnya akan kebudayaan lokal suku Dayak Ngaju. Sehingga para generasi muda dapat terus melestarikan kearifan lokal sebagai tanggung jawab bersama agar tetap terjaga sebagai kekayaan warisan leluhur kita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Nurhadi, 1210020124UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Indiria Maharsi ; Andika Indrayana
Uncontrolled Keywords: Suku Dayak Ngaju, Ranying Hatalla Langit, Batang garing, Cerita Rakyat, Tabletop, Trading Card Game
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:09
Last Modified: 17 Oct 2017 04:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item View Item