Kanima

Marshalina Anugraheni, 1211392011 (2016) Kanima. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
LAMP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
JURNAL K I N I M A.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:lib.isi.ac.id

Abstract

Kinima diambil dari bahasa Yunani yang artinya gerak atau bergerak. Hal ini terkait dengan istilah yang lain seperti kinesis maupun kinetik yang berhubungan dengan gerak. Karya ini merupakan perwujudan aktivitas proses ketubuhan yang berfokus pada olah tubuh. Itu sebabnya untuk lebih menekan karya ini pada yang diwujudkan yakni gerak, dan istilah Kinima menjadi judul yang dipilih untuk karya tari ini. Karya ini merupakan perwujudan ekplorasi gerak sehari-hari, gerak tersebut seperti berlari, meloncat, melompat dan berputar, sebagai materi dasar gerak dan kemudian dikembangkan melalui variasi ruang, waktu dan tenaga. Pengolahan tubuh secara terus-menerus dalam pertunjukan dengan menggunakan enam penari, empat penari laki-laki dan dua penari perempuan. Tidak ada makna khusus dalam jumlah penari ini, hanya digunakan untuk variasi komposisi. Pemilihan penari berdasarkan pada kemampuan ketubuhan olah tubuh penari. Gerak yang dihasilkan merupakan hasil ekplorasi gerak keseharian,seperti berlari, meloncat dan berputar. Pengulangan (repetition) pada gerak dasar menjadi dominan pada karya tari ini. Aktivitas natural seperti minum air saat pertunjukan sebagai bagian menunjukan kapasitas serta kemampuan dalam pengolah tubuh. Karya ini lebih mengacu pada pendekatan koreografi minimalis. Pengertian koreografi minimalis termasuk dalam aliran postmodern, koreografi ini anti teater atau tidak mengandung cerita atau meniadakan aspek drama. Kata Kunci : eksplorasi, gerak keseharian, koreografi minimalis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Dosen Pembimbing: 1. Hendro Martono 2. Martinus Miroto
Uncontrolled Keywords: eksplorasi, gerak keseharian, koreografi minimalis
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan)
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 20 Nov 2017 07:10
Last Modified: 20 Nov 2017 07:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item