Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar

Arief Agung S., NIDN : 0016116701 and Andi Haryanto, NIDN : 0025118007 and Novi Mayasari, NIDN : 0005048202 (2015) Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 7.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah film animasi 2 Dimensi sebagai media menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak sekolah dasar. Dengan media film 2 dimensi diharapkan anak-anak akan lebih mudah untuk memahami nilai-nilai Pancasila karena pada dasarnya di usia tersebut anak-anak akan lebih mudah untuk menangkap informasi visual. Target yang ingin dicapai pada tahun pertama adalah untuk membuat sinopsis, naskah (script) serta story board, desain karakter serta desain Background dari film animasi. Sedangkan target untuk tahun kedua adalah visualisasi dari film animasi yang meliputi proses key animation, Inbeetween dan Background serta proses pasca produksi yang meliputi Dubbing, final compose, Noise Design dan mastering. Selain itu pada tahun kedua juga akan dibuat buku ajar serta jurnal berskala nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian dan penciptaan ini adalah metode 5W+1H. Analisis 5W+1H merupakan tinjauan tentang What (Apa), Why (Mengapa), Where (Dimana), Who (Siapa), when (Kapan), dan How (Bagaiamana).Manfaat dari penelitian ini adalah untuk merancang pesan atau komunikasi dalam bentuk film yang dapat digunakan untuk menanamkan nilainilai Pancasila kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dengan cara yang menarik dan mudah diterima.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Film, Animasi, pancasila, 2D
Subjects: Karya Dosen
Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 04 Jan 2018 05:07
Last Modified: 04 Jan 2018 05:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2859

Actions (login required)

View Item View Item