Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Violin Club Di Sd Tumbuh 3 Yogyakarta

Danu Hendrawan, 100120131 (2018) Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Violin Club Di Sd Tumbuh 3 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL - Danu Hendrawan.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

SD Tumbuh 3 merupakan sekolah Inklusi yang masuk kedalam Yayasan Edukasi Anak Nusantara (YEAN) dan bertempat di nDalem Mangkubumen Yogyakarta. Kurikulum yang digunakan adalah International Primary Curriculum (IPC). Metode Suzuki merupakan metode mengajar instrumen musik khususnya biola guna menuntun dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut. Telah banyak penelitian oleh pakar musik terhadap metode Suzuki yang menyatakan bahwa metode Suzuki merupakan metode pembelajaran yang efektif dan praktis. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan metode Suzuki yang telah merupakan metode internasional secara baik dan benar dengan harapan dapat tercipta pembelajaran biola yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting) dimana peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan) yaitu dengan menggabungkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang dilakukan secara berurutan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan metode Suzuki dalam pembelajaran biola di Violin Club SD Tumbuh 3 Yogyakarta adalah metode Suzuki sesuai untuk murid Inklusi karena dalam metode Suzuki lebih terfokus pada tahapan dasar bermain biola. Selain itu, pengajar dan murid perlu menggunakan metode Suzuki ini karena durasi pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan anak-anak lebih senang mengikuti pembelajaran secara bersama-sama sehingga mereka akan lebih termotivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Dosen Pembimbing: Andre Irawan, Hari Martopo
Uncontrolled Keywords: biola, metode suzuki, pembelajaran, inklusi, SD Tumbuh 3 Yogyakarta
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:40
Last Modified: 18 Sep 2018 04:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item