Danu Hendrawan, 100120131 (2018) Penerapan Metode Suzuki Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Violin Club Di Sd Tumbuh 3 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL - Danu Hendrawan.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
SD Tumbuh 3 merupakan sekolah Inklusi yang masuk kedalam Yayasan Edukasi Anak Nusantara (YEAN) dan bertempat di nDalem Mangkubumen Yogyakarta. Kurikulum yang digunakan adalah International Primary Curriculum (IPC). Metode Suzuki merupakan metode mengajar instrumen musik khususnya biola guna menuntun dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut. Telah banyak penelitian oleh pakar musik terhadap metode Suzuki yang menyatakan bahwa metode Suzuki merupakan metode pembelajaran yang efektif dan praktis. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan metode Suzuki yang telah merupakan metode internasional secara baik dan benar dengan harapan dapat tercipta pembelajaran biola yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting) dimana peneliti bertindak sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan) yaitu dengan menggabungkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang dilakukan secara berurutan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan metode Suzuki dalam pembelajaran biola di Violin Club SD Tumbuh 3 Yogyakarta adalah metode Suzuki sesuai untuk murid Inklusi karena dalam metode Suzuki lebih terfokus pada tahapan dasar bermain biola. Selain itu, pengajar dan murid perlu menggunakan metode Suzuki ini karena durasi pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan anak-anak lebih senang mengikuti pembelajaran secara bersama-sama sehingga mereka akan lebih termotivasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Andre Irawan, Hari Martopo | ||||
Uncontrolled Keywords: | biola, metode suzuki, pembelajaran, inklusi, SD Tumbuh 3 Yogyakarta | ||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||
Date Deposited: | 18 Sep 2018 04:40 | ||||
Last Modified: | 18 Sep 2018 04:40 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3714 |
Actions (login required)
View Item |