“Empat Puluh Malam Dan Satunya Hujan” Ekranisasi Novel “Centhini, Kekasih yang Tersembunyi” dalam Karya Videografi

Mandella Majid Pracihara, 1420834411 (2018) “Empat Puluh Malam Dan Satunya Hujan” Ekranisasi Novel “Centhini, Kekasih yang Tersembunyi” dalam Karya Videografi. Masters thesis, PPS ISI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Pustaka.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (987kB) | Preview
[img] Text
BAB II Kajian Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Ulasan Karya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

“Empat Puluh Malam dan Satunya Hujan” adalah salah satu subbab yang terdapat pada novel “Centhini, Kekasih yang Tersembunyi” karya Elizabeth D. Inandiak. “Empat Puluh Malam dan Satunya Hujan” digunakan sebagai judul dari karya videografi berdurasi 12 menit yang menampilkan 12 tembang hasil dari ekranisasi 43 tembang. Visualisasi 12 tembang dikemas ke dalam bentuk video vertikal yang diproyeksikan ke dalam bidang datar dan ditempatkan pada lantai. Proyeksi bidang datar pada lantai membentuk perspektif arah pandang pada penonton untuk menyaksikan karya videografi dengan cara yang berbeda. “Empat Puluh Malam dan Satunya Hujan” adalah karya video yang bertemakan perkawinan Jawa yang terjadi antara laki-laki dan wanita. Melalui perwujudan visualisasi dari hasil ekranisasi novel, gambaran peristiwa perjalanan sepasang suami istri bernama Seh Amongraga dan Ni Tembangraras pada malam pertama hingga malam ke empat puluh seteleh mereka menikah. Melalui simbol suami istri tersebut penonton diajak untuk ikut memahami kesakralan perkawinan dalam budaya Jawa. Konsep video vertikal dipilih dalam perwujudan karya ini bertujuan untuk terciptanya kedekatan antara penonton dengan karya, sehingga kesan kekinian dan nyata akan dirasakan oleh penonton

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Audio Visual
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 28 Sep 2018 08:55
Last Modified: 28 Sep 2018 08:55
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item