Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang

Anggana Mugiri, (2018) Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL TUGAS AKHIR wm.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
KARYA wm.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
KARYA wm.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Minimnya kesadaran sebuah merek yang dimiliki masyarakat Cilamaya, membuat pemasaran Beras Muncul tidak berkembang. Rangkaian distribusi Beras Muncul memberikan dampak pada penghasilan para petani Cilamaya dan bakul Cilamaya yang tidak terlalu memberikan untung besar. Selain itu, Beras Muncul Cilamaya tidak mempunyai citra di benak konsumen yang selama ini menikmati beras asli Cilamaya. Konsumen hanya mengenal merek produsen yang mereka beli di toko beras, minimarket ataupun supermarket. Fenomena ini menjadi dasar dalam pembuatan komunikasi visual untuk mengembalikan citra Karawang sebagai “Kota Padi" kembali. Proses perancangan ini dimulai dengan mendesain logo Beras Muncul sebagai awal pembentukan image, kemudian merancang desain kemasan Beras Muncul sebagai media utama. Media yang digunakan pada perancangan ini merupakan strategi untuk memperkuat brand positioning, dengan menciptakan brand awareness. Perancangan komunikasi visual Beras Muncul disampaikan dengan menggunakan pendekatan personifikasi bahwa Beras Muncul merupakan “Beras Jujur”. Kekuatan serta pengelolaan brand yang baik dan tepat pada Beras Muncul Cilamaya dengan gaya visual yang menyesuaikan zaman serta dikombinasikan dengan media promosi yang tepat, dapat menciptakan sebuah brand identity yang kuat, jelas dan terarah. Pembentukan brand positioning dan brand awareness Beras Muncul Cilamaya yang kuat di benak target audience, sehingga dapat mencapai ke tahap top of mind. Maka, tercipta ingatan yang kuat di benak audience identitas visual Beras Muncul sebagai beras asli Cilamaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Anggana Mugiri, UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Andi Haryanto, Kadek Primayudi
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Visual, Brand Awareness, Desain Kemasan, Promosi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 31 Oct 2018 04:35
Last Modified: 31 Oct 2018 06:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3851

Actions (login required)

View Item View Item