Anggana Mugiri, (2018) Perancangan Komunikasi Visual “Beras Muncul" Cilamaya Kerawang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL TUGAS AKHIR wm.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
KARYA wm.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text
KARYA wm.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Minimnya kesadaran sebuah merek yang dimiliki masyarakat Cilamaya, membuat pemasaran Beras Muncul tidak berkembang. Rangkaian distribusi Beras Muncul memberikan dampak pada penghasilan para petani Cilamaya dan bakul Cilamaya yang tidak terlalu memberikan untung besar. Selain itu, Beras Muncul Cilamaya tidak mempunyai citra di benak konsumen yang selama ini menikmati beras asli Cilamaya. Konsumen hanya mengenal merek produsen yang mereka beli di toko beras, minimarket ataupun supermarket. Fenomena ini menjadi dasar dalam pembuatan komunikasi visual untuk mengembalikan citra Karawang sebagai “Kota Padi" kembali. Proses perancangan ini dimulai dengan mendesain logo Beras Muncul sebagai awal pembentukan image, kemudian merancang desain kemasan Beras Muncul sebagai media utama. Media yang digunakan pada perancangan ini merupakan strategi untuk memperkuat brand positioning, dengan menciptakan brand awareness. Perancangan komunikasi visual Beras Muncul disampaikan dengan menggunakan pendekatan personifikasi bahwa Beras Muncul merupakan “Beras Jujur”. Kekuatan serta pengelolaan brand yang baik dan tepat pada Beras Muncul Cilamaya dengan gaya visual yang menyesuaikan zaman serta dikombinasikan dengan media promosi yang tepat, dapat menciptakan sebuah brand identity yang kuat, jelas dan terarah. Pembentukan brand positioning dan brand awareness Beras Muncul Cilamaya yang kuat di benak target audience, sehingga dapat mencapai ke tahap top of mind. Maka, tercipta ingatan yang kuat di benak audience identitas visual Beras Muncul sebagai beras asli Cilamaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Andi Haryanto, Kadek Primayudi | ||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Visual, Brand Awareness, Desain Kemasan, Promosi | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | sugeng SW wahyuntini | ||||
Date Deposited: | 31 Oct 2018 04:35 | ||||
Last Modified: | 31 Oct 2018 06:35 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3851 |
Actions (login required)
View Item |