Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011

Pujiyanto, 0930046512 (2017) Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011. Doctoral thesis, PPS ISI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap produk “Madurasa” yang berkembang hingga menjadi berbagai produk varian. Berkembangnya produk tersebut salah satunya ditunjang oleh media iklan cetak non media massa tahun 1984-2011 yang dirancang in house advertiser PT Air Mancur. Produk yang dipromosikan melalui iklan cetak pada tahap perintisan (pioneering stage), persaingan (competitive stage), dan pertahanan (retentive stage) memiliki estetika desain yang berbeda karena dipengaruhi oleh ideologi iklan, gaya desain, dan gaya hidup konsumen pada masa-masa tertentu. Bagaimana hubungan ideologi, gaya desain, dan gaya hidup konsumen yang diimplementasikan pada estetika desain iklan; serta apakah estetika desain iklan pada tahapan tertentu mempengaruhi gaya hidup konsumen untuk menciptakan kebutuhan produk. Penelitian dilakukan melalui pendekatan estetika visual melalui metode campuran (mixer) yaitu penggabungan antara data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik dokumen, wawancara, pengamatan, dan kepustakaan. Dari berbagai data tersebut dianalisis menggunakan teori ideologi, teori gaya visual desain, dan teori gaya hidup konsumen. Hasil diperoleh, iklan pada tahap perintisan menampilkan gaya desain dipengaruhi oleh desain kemasan jamu PT Air Mancur yang ditata mengarah gaya grid layout. Iklan pada tahap ini PT Air Mancur menggunakan ideologi pengenalan diri dalam mengonsumsi jamu “Madurasa” sebagai pola kebiasaan baru, pemakaian baru, dan standar hidup baru dalam mengkonsumsi produk jamu

Item Type: Thesis (Doctoral)
Creators:
CreatorsNIM
Pujiyanto, 0930046512UNSPECIFIED
Department: ISI Yogyakarta
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 12 Nov 2018 02:29
Last Modified: 12 Nov 2018 02:29
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item View Item