Pujiyanto, 0930046512 (2017) Estetika Desain Iklan Cetak “Madurasa”: Perkembangan Gaya Desain Iklan “Madurasa” PT Air Mancur Tahun 1984-2011. Doctoral thesis, PPS ISI Yogyakarta.
|
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (567kB) | Preview |
|
Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III Metodologi.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V Penutup.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap produk “Madurasa” yang berkembang hingga menjadi berbagai produk varian. Berkembangnya produk tersebut salah satunya ditunjang oleh media iklan cetak non media massa tahun 1984-2011 yang dirancang in house advertiser PT Air Mancur. Produk yang dipromosikan melalui iklan cetak pada tahap perintisan (pioneering stage), persaingan (competitive stage), dan pertahanan (retentive stage) memiliki estetika desain yang berbeda karena dipengaruhi oleh ideologi iklan, gaya desain, dan gaya hidup konsumen pada masa-masa tertentu. Bagaimana hubungan ideologi, gaya desain, dan gaya hidup konsumen yang diimplementasikan pada estetika desain iklan; serta apakah estetika desain iklan pada tahapan tertentu mempengaruhi gaya hidup konsumen untuk menciptakan kebutuhan produk. Penelitian dilakukan melalui pendekatan estetika visual melalui metode campuran (mixer) yaitu penggabungan antara data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik dokumen, wawancara, pengamatan, dan kepustakaan. Dari berbagai data tersebut dianalisis menggunakan teori ideologi, teori gaya visual desain, dan teori gaya hidup konsumen. Hasil diperoleh, iklan pada tahap perintisan menampilkan gaya desain dipengaruhi oleh desain kemasan jamu PT Air Mancur yang ditata mengarah gaya grid layout. Iklan pada tahap ini PT Air Mancur menggunakan ideologi pengenalan diri dalam mengonsumsi jamu “Madurasa” sebagai pola kebiasaan baru, pemakaian baru, dan standar hidup baru dalam mengkonsumsi produk jamu
Item Type: | Thesis (Doctoral) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | ISI Yogyakarta | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni | ||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | ||||
Date Deposited: | 12 Nov 2018 02:29 | ||||
Last Modified: | 12 Nov 2018 02:29 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3877 |
Actions (login required)
View Item |