Sriti Mayang Sari, 093 0049 512 (2018) Makna Ruang Interior Shopping Mall ‘Tunjungan Plaza’ Di Surabaya. Doctoral thesis, PPS ISI Yogyakarta.
|
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (793kB) | Preview |
|
Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III Metodologi.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV Fenomena Mal.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
||
Text
BAB VI Konsep Ruang.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V Tema Ruang.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
||
Text
BAB VII Teori Ruang.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
||
Text
BAB VIII Dialog Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB IX Penutup dan Daftar Pustaka.pdf Download (649kB) | Preview |
|
Text
Ringkasan Disertasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Faktor fungsi sering hanya mengacu pada permasalahan dimensional saja, padahal factor pengguna dengan nilai-nilai budaya yang dibawanya, interaksi pengguna dengan ruang lebih mendalam. Tunjungan Plaza ketika digunakan oleh pengguna ruang yang beragam nilai-nilai budaya yang dibawanya banyak memunculkan fenomena keruangan yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan fenomena keruangan yang muncul di Tunjungan Plaza dan faktor-faktor yang melatarbelakanginya. Kemudian menemukan pengetahuan teoritis lokal yang dapat menjelaskan makna ruang di shopping mall Tunjungan Plaza, Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi deskriptif model Husserlian. Penelitian ini tidak menggunakan prakonsepsi, dan melalui tahap intensionalitas dan reduksi eidetik. Hasil penelitian menemukan: pertama, fenomena keruangan yang ditemukan pada ruang interior shopping mall Tunjungan Plaza sangat berkaitan dengan pola kunjungan. Di mal Tunjungan Plaza pola kunjungan ini menciptakan fenomena ‘quiet period’, ‘peak period’, saat diskon (program sale, hari raya, lebaran). Pada setiap waktu kunjungan tersebut menciptakan pengalaman keruangan tersendiri. Kedua, faktor-faktor yang melatarbelakangi terciptanya fenomena keruangan yang terjadi di shopping mall Tunjungan Plaza di Surabaya adalah latar belakang budaya pengunjung mal yang beragam dan berbagai program yang ditawarkan penyewa mal maupun pihak Tunjungan Plaza. Ketiga, penelitian ini menemukan teori keruangan lokal, yaitu: teori ruang pembangkit dan pelepas hasrat sebagai makna ruang interior mal Tunjungan Plaza bagi pengguna mal tersebut. Teori ruang ini tercipta dari tiga konsep ruang, yaitu: ruang berkumpul, konsumsi, dan promosi
Item Type: | Thesis (Doctoral) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | ISI Yogyakarta | ||||
Subjects: | Disain > Disain Interior | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni | ||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | ||||
Date Deposited: | 15 Nov 2018 03:57 | ||||
Last Modified: | 15 Nov 2018 03:57 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3883 |
Actions (login required)
View Item |