Makna Ruang Interior Shopping Mall ‘Tunjungan Plaza’ Di Surabaya

Sriti Mayang Sari, 093 0049 512 (2018) Makna Ruang Interior Shopping Mall ‘Tunjungan Plaza’ Di Surabaya. Doctoral thesis, PPS ISI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Fenomena Mal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI Konsep Ruang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Tema Ruang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VII Teori Ruang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VIII Dialog Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IX Penutup dan Daftar Pustaka.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
Ringkasan Disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Faktor fungsi sering hanya mengacu pada permasalahan dimensional saja, padahal factor pengguna dengan nilai-nilai budaya yang dibawanya, interaksi pengguna dengan ruang lebih mendalam. Tunjungan Plaza ketika digunakan oleh pengguna ruang yang beragam nilai-nilai budaya yang dibawanya banyak memunculkan fenomena keruangan yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan fenomena keruangan yang muncul di Tunjungan Plaza dan faktor-faktor yang melatarbelakanginya. Kemudian menemukan pengetahuan teoritis lokal yang dapat menjelaskan makna ruang di shopping mall Tunjungan Plaza, Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi deskriptif model Husserlian. Penelitian ini tidak menggunakan prakonsepsi, dan melalui tahap intensionalitas dan reduksi eidetik. Hasil penelitian menemukan: pertama, fenomena keruangan yang ditemukan pada ruang interior shopping mall Tunjungan Plaza sangat berkaitan dengan pola kunjungan. Di mal Tunjungan Plaza pola kunjungan ini menciptakan fenomena ‘quiet period’, ‘peak period’, saat diskon (program sale, hari raya, lebaran). Pada setiap waktu kunjungan tersebut menciptakan pengalaman keruangan tersendiri. Kedua, faktor-faktor yang melatarbelakangi terciptanya fenomena keruangan yang terjadi di shopping mall Tunjungan Plaza di Surabaya adalah latar belakang budaya pengunjung mal yang beragam dan berbagai program yang ditawarkan penyewa mal maupun pihak Tunjungan Plaza. Ketiga, penelitian ini menemukan teori keruangan lokal, yaitu: teori ruang pembangkit dan pelepas hasrat sebagai makna ruang interior mal Tunjungan Plaza bagi pengguna mal tersebut. Teori ruang ini tercipta dari tiga konsep ruang, yaitu: ruang berkumpul, konsumsi, dan promosi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:57
Last Modified: 15 Nov 2018 03:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3883

Actions (login required)

View Item View Item