Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi

Muhammad Rizky, 1210022124 (2018) Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (82MB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Jurnal Muhammad Rizky.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Batik Betawi merupakan sebuah bentuk kerajinan yang berasal dari etnis Betawi, batik ini memiliki nilai sejarah, budaya dan filosofi. Batik Betawi telah melewati masa naik turun dalam sejarahnya. Komunitas Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) sebagai pelestari budaya Betawi terus berupaya memunculkan semangat para pengrajin muda, ditengah usaha tersebut akhirnya muncul inisiatif untuk membuat Keluarga Batik Betawi (KBB). Namun penikmat dari batik ini belum meluas dan hanya pada lingkaran sekitar komunitasnya. Padahal masyarakat di kota Jakarta sebaiknya memiliki pengetahuan mengenai batik ini. Diluar dampak positif kemajuan internet, mudahnya akses informasi tentang budaya dan refrensi dari luar juga membuat para generasi muda di Jakarta tidak memiliki kesadaraan dan rasa ingin tahu terhadap kebudayaan mereka. Judul perancangan ini adalah “Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness Terhadap Batik Betawi” dengan tujuan untuk memunculkan kembali atensi, ketertarikan dan menyebarkan keberadaan batik Betawi khususnya kepada masyarakat dengan usia produktif di kota Jakarta. Dengan memanfaatkan media internet, instagram dan fitur didalamnya sebagai media utama perancangan digital campaign, dilengkapi dengan poster digital dan barang produksi sebagai media pendukung. Metode mengumpulkan data melalui literasi, wawancara, observasi dan dokumentasi yang relevan dari berbagai sumber, Ragam konten informatif yang telah dirancang memberikan tema dan pengetahuan yang berbeda seputar batik Betawi dan kebudayaan Betawi untuk menghindari feed Instagram yang monoton. Kemudian dengan mengunggah konten informatif yang menarik, konsisten, melakukan promosi dan keberadaan media pendukung lainnya membuat secara perlahan awareness masyarakat terhadap akun media sosial Kenal Nyok ini semakin meluas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Rizky, 1210022124UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Petrus Gogor Bangsa, Hesti Rahayu
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Batik Betawi, Digital Campign. Sosial Media, awareness
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:58
Last Modified: 05 Dec 2018 03:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3920

Actions (login required)

View Item View Item