Abdurrozaq, 122 0702 412 (2017) Tinjauan Ikonografi Dan Ikonologi Poster Perjuangan “Boeng, Ajo Boeng” (1945) Karya Soedjojono, Affandi, Dan Chairil Anwar. Masters thesis, PPS ISI Yogyakarta.
|
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf Download (966kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (774kB) | Preview |
|
Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III Metodologi.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V Penutup dan Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Naskah Publikasi Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Poster sebagai media komunikasi visual, mulai dimanfaatkan di Indonesia sejak masa kolonialisme Belanda dan Jepang. Bahkan pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia tahun 1945, poster digunakan dalam mengkomunikasikan pesan kemerdekaan bagi rakyat Indonesia, yakni melalui media poster perjuangan. Salah satu poster perjuangan tersebut adalah poster perjuangan “Boeng, Ajo Boeng” (1945) karya Soedjojono, Affandi, dan Chairil Anwar. Poster perjuangan “Boeng, Ajo Boeng” (1945) menarik untuk dianalisa, selain karena konteks waktu kemunculannya pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, poster ini juga diciptakan oleh kolaborasi seniman besar Indonesia pada saat itu. Melalui teori ikonografi dan ikonologi Erwin Panofsky (1955), penelitian ini ingin mengungkap nilai atau makna intrinsik poster perjuangan “Boeng, Ajo Boeng” (1945) sebagai suatu karya seni melalui identifikasi terhadap situasi dan kondisi sosial, politik, budaya, maupun perkembangan seni Indonesia pada tahun 1945. Simpulan penelitian ini adalah poster perjuangan “Boeng, Ajo Boeng” (1945) merupakan simbol dualitas “Polemik Kebudayaan” budaya Timur dan Barat di Indonesia yang terjadi pada tahun 1933-1939. Poster ini juga merupakan simbol paradoks budaya Indonesia pada tahun 1945 yang tetap mempertahankan jiwa budaya Timur namun dengan mengadopsi hal-hal positif dari budaya Barat
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | PPS ISI Yogyakarta | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | ||||
Date Deposited: | 03 Jan 2019 03:50 | ||||
Last Modified: | 03 Jan 2019 03:54 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3939 |
Actions (login required)
View Item |