Implementasi tariGardha Lalita pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP N 16 Yogyakarta

Aininda Yulia Alawiyah, 1410024017 (2018) Implementasi tariGardha Lalita pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP N 16 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
JURNAL - Aininda Yulia Alawiah.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi pembelajaran tari Gardha Lalita pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP N 16 Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2018, dengan subjek penelitian siswa SMP Negeri 16 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah tari Gardha Lalita. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Metode dalam proses pembelajaran yang diberikan mengunakan metode ceramah, demonstrasi dan imitasi yang dipadukan dengan kegiatan eksplorasi dan improvisasi sebagai penguat materi tari Gardha Lalita. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan keadaan objek. Uji keabsahan data diperoleh melalui sumber dengan melakukan pengecekan terhadap hasil wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dapat menghayati tujuan tari Gardha Lalita. Hal tersebut terjadi disebabkan bahwa proses pembelajaran dengan metode ceramah, demonstrasi dan imitasi yang dipadukan dengan kegiatan eksplorasi dan improvisasi dirasa sesuai untuk proses pembelajaran peserta didik usia remaja. Dari hasil yang telah dicapai dapat disimpulkan bahwa tari Gardha Lalita dapat dijadikan sebuah materi baru pada kegiatan ekstrakurikuler tari di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Aininda Yulia Alawiyah, 1410024017UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Untung Muljono, Sarjiwo
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Tari Gardha Lalita, Ekstrakurikuler, SMP N 16, Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 29 Jan 2019 06:16
Last Modified: 29 Jan 2019 06:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3995

Actions (login required)

View Item View Item