Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja

Ditya Fajar Rizkizha, 1620987411 (2019) Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Inkonsistensi identitas visual PSIM Jogja memberi persepsi yang berbeda di kalangan penggemar dan suporter Brajamusti. Dalam perjalanannya, identitas visual PSIM Jogja sering tampil tidak konsisten pada berbagai media branding, dan itu merupakan suatu kesalahan fatal dalam membangunsebuah brand. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang komunikasi visual yang nantinya dapat menghadirkan konsistensi identitas baru bagi klub PSIM Jogja, serta membangun brand awareness yang dapat merefleksikan sejarah perjuangan dan budaya Jawa, sehingga menghasilkan brand equity dalam mempromosikan klub sepakbola PSIM Jogja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan historis dan kultural. Data penelitian didapatkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan narasumber manajemen PSIM Jogja serta suporter Brajamusti.Proses dalam perancangan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu, tahap ide, tahap perancangan, dan tahap pelaksanaan dengan kerangka berfikir design thinking. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perancangan ini merupakan usaha dalam membangun unsur lokalitas sebagai jati diri yang dapat menjadi patokan nilai-nilai sejarah dan kebudayaan yang dimiliki sebagai kekuatan dalam membentuk sebuah identitas. Pendekatan dari sisi historis dan kultural membuat rebranding ini terlihat lebih filosofis, karena warisan budaya dapat membentuk keaslian dan kredibilitas yang tidak bisa ditiru, serta memberi kesan umur panjang sehingga dapat membentuk masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM
Ditya Fajar Rizkizha, 1620987411UNSPECIFIED
Department: PPS ISI Yogyakarta
Additional Information : Prayanto Widyo Harsanto NIDN.0011026307
Uncontrolled Keywords: Klub Sepakbola PSIM Jogja, Rebranding, Identitas Visual
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 06 Mar 2019 04:14
Last Modified: 03 Jul 2019 02:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item