Ditya Fajar Rizkizha, 1620987411 (2019) Perancangan Komunikasi Visual Rebranding Klub Sepakbola PSIM Jogja. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
Naskah Publikasi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Inkonsistensi identitas visual PSIM Jogja memberi persepsi yang berbeda di kalangan penggemar dan suporter Brajamusti. Dalam perjalanannya, identitas visual PSIM Jogja sering tampil tidak konsisten pada berbagai media branding, dan itu merupakan suatu kesalahan fatal dalam membangunsebuah brand. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang komunikasi visual yang nantinya dapat menghadirkan konsistensi identitas baru bagi klub PSIM Jogja, serta membangun brand awareness yang dapat merefleksikan sejarah perjuangan dan budaya Jawa, sehingga menghasilkan brand equity dalam mempromosikan klub sepakbola PSIM Jogja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan historis dan kultural. Data penelitian didapatkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan narasumber manajemen PSIM Jogja serta suporter Brajamusti.Proses dalam perancangan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu, tahap ide, tahap perancangan, dan tahap pelaksanaan dengan kerangka berfikir design thinking. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perancangan ini merupakan usaha dalam membangun unsur lokalitas sebagai jati diri yang dapat menjadi patokan nilai-nilai sejarah dan kebudayaan yang dimiliki sebagai kekuatan dalam membentuk sebuah identitas. Pendekatan dari sisi historis dan kultural membuat rebranding ini terlihat lebih filosofis, karena warisan budaya dapat membentuk keaslian dan kredibilitas yang tidak bisa ditiru, serta memberi kesan umur panjang sehingga dapat membentuk masa depan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | PPS ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Prayanto Widyo Harsanto NIDN.0011026307 | ||||
Uncontrolled Keywords: | Klub Sepakbola PSIM Jogja, Rebranding, Identitas Visual | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||
Date Deposited: | 06 Mar 2019 04:14 | ||||
Last Modified: | 03 Jul 2019 02:50 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4117 |
Actions (login required)
View Item |