Oktian Chandra Edietya, NIM 1310074124 (2018) Perancangan Concept Art Karakter Untuk Komik "Rakshasa Face The Legend". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
||
Text
Bab III bismillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV revisi isi buku.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV revisi karya.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV VISUALISASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V kesimpulan.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL CETAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perancangan tugas akhir ini dibuat berdasarkan rasa suka penulis pada karakter Gundam, robot, dan cerita perang, penulis ingin membuat karakter baru yang berasal dari penggabungan karakter Gundam dengan tokoh wayang purwa. Pada perancangan karya tugas akhir ini, penulis membuat sebuah rancangan Concept art karakter untuk komik ‘Rakshasa; Face The Legend’ yang mengambil genre ‘real robot war’, dan akan digunakan untuk menunjang karakter dan jalan cerita dari komik tersebut. Perancangan concept art komik ‘Rakshasa; Face The Legend’ menggunakan karakter/tokoh wayang sebagai inspirasi konsep desain karakter robot utama, dan dengan tujuan mengangkat kembali komik Indonesia sebagai salah satu budaya seni di Indonesia, dan memperkenalkannya agar masyarakat luas dan generasi muda mau membaca komik Indonesia. Penulis menggunakan penjelasan sosok karakter wayang dari narasumber, dan menggambarkannya kembali menjadi bentuk baru, namun tetap menggunakan referensi dari wayang kulit purwa gagrak Surakarta. Penulis menggunakan pendekatan lebih modern dan lebih dekat dengan masyarakat seperti robot yang banyak digemari oleh anak-anak, remaja, dan dewasa, sebagai bentuk pengenalan kembali dari tokoh-tokoh wayang. Penulis mencoba menampilkan kembali karakter dari wayang purwa tersebut dengan sajian yang lebih modern sehingga mampu menarik perhatian dan minat pembaca khususnya yang berasal dari kalangan remaja. perancangan karakter-karakter ini menggunakan software 3D yaitu ‘google Sketchup’, yang walaupun memungkinkan efisiensi waktu untuk penyelesaian, namun juga memiliki kekurangan, yaitu terdapat kesulitan apabila digabungkan dengan ilustrasi manual, sehingga harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu sebelum proses drawing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Terra Bajraghosa, Edi Jatmiko | ||||
Uncontrolled Keywords: | Concept art, komik, karakter, wayang | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 04 Apr 2019 07:13 | ||||
Last Modified: | 04 Apr 2019 07:13 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4258 |
Actions (login required)
View Item |