Penerapan Konsep Ugahari Pada Interior Bangunan Karya Yoshi Fajar

Aris Maulana, NIM 101 1771 023 (2015) Penerapan Konsep Ugahari Pada Interior Bangunan Karya Yoshi Fajar. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
7 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text
8 BAB III DATA LAPANGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
9 BAB IV Analisis Aspek Konseptual.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
12 BAB V Kesimpulan dan Saranm.pdf

Download (686kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Ugahari dalam Kamus Besar Bahasa Indoneisa (KBBI) memiliki arti kesederhanaan. Menurut Yoshi Fajar dengan konsep ini tercipta sebuah karya perancangan dengan nilai kesederhanaan. Dimana bentuk, material, dan fungsi dikomunikasikan dengan keinginan, kebutuhan, dan kemungkinan lain sehingga terjadi sebuah timbal-balik atau dialog antara arsitek dengan penghuni, dengan tujuan untuk menciptakan karya perancangan yang memiliki keberlanjutan dan integrasi antara penghuni dengan ruang dan bangunan serta bangunan dengan lingkungan sekitar. Yoshi Fajar Kresno Murtir, merupakan seorang Architect – Researcher – Writer. Lahir pada tanggal 1 Maret 1977. Merupakan alumni Jurusan Arsitektur Universitas Atma Jaya, Yogyakarta pada tahun 2003. Yoshi Fajar mendirikan studio Ugahari Architecture. Melalui konsep Ugahari, Yoshi menciptakan bangunan dengan nilai kesederhanaan dengan estetika serta penghayatan citra arsitektur dan desain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang proses desain dari konsep Ugahari oleh Yoshi Fajar. Penelitian ini menggunakan design analysis atau metode preseden (precedents) dalam desain yang memuat tiga aspek, yaitu aspek konseptual, aspek programati, dan aspek formal. Karya desain yang dikaji terdiri dari 5 karya Yoshi Fajar, yaitu Balai Warga 35 Kricak, Pendapa Hijau dan Rumah Baca LKiS, Rumah IVAA, Rumah Manggal Guest House, dan Galeri Lorong. Hasil penelitian dari kelima karya Yoshi Fajar dalam perancangan kelima karyanya, Yoshi mempertimbangkan kriteria-kriteria desain yang saling berkaitan satu sama lain. Kriteria tersebut diantarannya kriteria fungsi, kriteria ekonomi, kriteria bentuk, kriteria citra, kriteria waktu, kriteria lingkungan, serta kriteria sosial dan budaya. Kriteri-kriteria tesebut digunakan Yoshi dalam beberapa pertimbangan: (1) Pertimbangan denah dan mengelompokan serta menghubungkan ruang-ruangnya. (2) Karakter formal pada pembentukan denah dan fasad, pola-pola, serta material yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Design analysis, perancangan, Ugahari, interior, arsitektur, Balai Warga 35 Kricak, Pendapa Hijau, Rumah Baca LKiS, Rumah IVAA, Rumah Manggal Guest House, Galeri Lorong
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 07 Jul 2015 04:01
Last Modified: 07 Jul 2015 04:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item