Anarbuka Kukuh Prabawa, 1510049017 (2019) Model Cooperative Learning Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Jawa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
bab i.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) | Request a copy |
|
Text
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (969kB) | Request a copy |
|
Text
bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
bab v.pdf Download (888kB) |
|
Text
JURNAL KI KUKUH 1510049017.pdf Download (1MB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan kurang efektifnya pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler karawitan Jawa di SMP Negeri 12 Yogyakarta yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar serta kemampuan siswa dalam bekerja kelompok, dilakukan perubahan pada model pembelajaran sebelumnya dengan model cooperative learning. Peneliti akan mengkaji proses penerapan model cooperative learning tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses kegiatan ekstrakurikuler karawitan Jawa di SMP negeri 12 Yogyakarta dengan model cooperative learning. Metode peneltian yang digunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tersebut dilakukan dalam tiga tahapan siklus, dan setiap siklusnya terdapat empat kali pertemuan. Lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Penerapan model pembelajaran cooperative learning, guru membagi siswa menjadi empat kelompok instrumen yakni (1) kelompok Pencon I, (2) kelompok Pencon II, (3) kelompok Balungan,(4) kelompok Kendhang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas proses kegiata esktrakurikuler karawitan Jawa di SMP Negeri 12 Yogyakarta mulai menunjukan kenaikan, dibuktikan dengan hasil penilaian pada masing-masing siswa dalam perekembangan tiap siklusnya. Siklus pertama hingga siklus ketiga menunjukan kenaikan nilai siswa, artinya motivasi siswa dan kemampuan siswa dalam belajar menabuh gamelan meningkat, serta kerjasama antar kelompok semakin baik. Hal ini membuktikan bahwa proses penerapan model cooperative learning berhasil dalam meningkatkan efektifitas pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan Jawa di SMP Negeri 12 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Untung Muljono NIDN.0019095801, Budi Raharja NIDN.0012015707 | ||||
Uncontrolled Keywords: | model cooperative learning, kegiatan ekstrakurikuler, karawitan Jawa | ||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 25 Jul 2019 04:56 | ||||
Last Modified: | 01 Aug 2019 03:02 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4620 |
Actions (login required)
View Item |