Model Cooperative Learning Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Jawa di SMP Negeri 12 Yogyakarta

Anarbuka Kukuh Prabawa, 1510049017 (2019) Model Cooperative Learning Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Jawa di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab v.pdf

Download (888kB)
[img] Text
JURNAL KI KUKUH 1510049017.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan kurang efektifnya pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler karawitan Jawa di SMP Negeri 12 Yogyakarta yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar serta kemampuan siswa dalam bekerja kelompok, dilakukan perubahan pada model pembelajaran sebelumnya dengan model cooperative learning. Peneliti akan mengkaji proses penerapan model cooperative learning tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses kegiatan ekstrakurikuler karawitan Jawa di SMP negeri 12 Yogyakarta dengan model cooperative learning. Metode peneltian yang digunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tersebut dilakukan dalam tiga tahapan siklus, dan setiap siklusnya terdapat empat kali pertemuan. Lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Penerapan model pembelajaran cooperative learning, guru membagi siswa menjadi empat kelompok instrumen yakni (1) kelompok Pencon I, (2) kelompok Pencon II, (3) kelompok Balungan,(4) kelompok Kendhang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas proses kegiata esktrakurikuler karawitan Jawa di SMP Negeri 12 Yogyakarta mulai menunjukan kenaikan, dibuktikan dengan hasil penilaian pada masing-masing siswa dalam perekembangan tiap siklusnya. Siklus pertama hingga siklus ketiga menunjukan kenaikan nilai siswa, artinya motivasi siswa dan kemampuan siswa dalam belajar menabuh gamelan meningkat, serta kerjasama antar kelompok semakin baik. Hal ini membuktikan bahwa proses penerapan model cooperative learning berhasil dalam meningkatkan efektifitas pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan Jawa di SMP Negeri 12 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Anarbuka Kukuh Prabawa, 1510049017UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Untung Muljono NIDN.0019095801, Budi Raharja NIDN.0012015707
Uncontrolled Keywords: model cooperative learning, kegiatan ekstrakurikuler, karawitan Jawa
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:56
Last Modified: 01 Aug 2019 03:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4620

Actions (login required)

View Item View Item