Gondang Oguang Dalam Upacara Manjalang Niniak Mamak di Desa Ngaso, Ujungbatu, Riau

Wahyu Pratama, 1510559015 (2019) Gondang Oguang Dalam Upacara Manjalang Niniak Mamak di Desa Ngaso, Ujungbatu, Riau. Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (915kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Video
VIDEO.MOV
Restricted to Repository staff only

Download (332MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Upacara Manjalang Niniak Mamak adalah upacara yang memiliki tujuan sebagai salah satu media silaturahmi dalam menyambut lebaran idul fitri pada bulan syawal (penanggalan Hijriyah) antarapemerintah desa, Niniak Mamak, alim ulama, serta seluruh masyarakat yang berada di Desa Ngaso, Kecamatan Ujungbatu, Provinsi Riau. Dalam pelaksanaan rangkaian upacara ini, kehadiran kesenian Gondang Oguang tidak bisa dipisahkan dari upacara Manjalang Niniak Mamak, hal ini dikarenakan kesenian tersebut memiliki fungsi yang sangat penting dalam rangkaian upacara Manjalang Niniak Mamak.Tujuan penelitian ialah untuk menjawab apa fungsi kesenian Gondang Oguang serta bagaimana bentuk penyajian Gondang Oguang dalam upacara Manjalang Niniak Mamak di desa Ngaso, Kecamatan Ujungbatu, Provinsi Riau. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, penelitian dengan menggunakan metode kualitatif mengumpulkan data dengan deskriptif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan secara etnomusikologis yang mencakup dua aspek tekstual dan kontekstual.Dalam memperoleh data, penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi pustaka. Fungsi kesenian Gondang Oguang dalam upacara Manjalang Niniak Mamak ialah sebagai sarana ritual dan persentasi estetis. Pada sisi bentuk penyajiannya terdapat beberapa aspek yang menunjang sebuah pertunjukan kesenian tersebut. Pada ansambel Gondang Oguang, instrumen yang dimainkan terdiri dariCalempong yang dimainkan oleh dua pemain yang memainkan pola Poningkah dan Polalu, instrumen Gondang yang juga dimainkan oleh dua orang yang memainkan pola Poningkah dan Polalu, dan instrumen Oguang. Kesenian Gondang Oguang dimainkan dalam beberapa repertoar di dalam upacara Manjalang Niniak Mamak salah satunya ialah pada inti dari upacara yaitu saat proses bermaaf-maafan, kesenian ini dimainkan secara terus-menerus hingga proses bermaaf-maafan selesai dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information / Dosen Pembimbing: Sukotjo NIDN. 0008036809 Haryanto NIDN. 0005066311
Uncontrolled Keywords: Upacara Manjalang Niniak Mamak, Gondang Oguang, dan masyarakat
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:00
Last Modified: 05 Aug 2019 08:00
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4665

Actions (login required)

View Item View Item