Redesain interior Bambini Montessori School Yogyakarta dengan pendekatan Montessori

ANDIYANI, Fitri (2018) Redesain interior Bambini Montessori School Yogyakarta dengan pendekatan Montessori. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (998kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Bambini Montessori School merupakan salah satu preschool di Yogyakarta dengan metode pembelajaran Montessori yang menekankan perkembangan anak dengan mengenali potensi, pembentukan kepribadian, serta kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Selain itu, preschool ini memiliki berbagai fasilitas menarik untuk dirancang yang bertujuan untuk menciptakan sebuah sekolah dengan lingkungan yang dapat merangsang timbulnya minat belajar dan eksplorasi, memacu kreatifitas dan memudahkan aktifitas anak-anak maupun pengajar. Sekolah mengalami kendala dalam memotivasi kreativitas anak untuk mengembangkan keahlian secara cepat. Terdapat permasalahan yang menunjukkan kondisi kurangnya media dan elemen interior pendukung pembelajaran anak seperti alat peraga yang memadai belum maksimal. Elemen tersebut seperti ruang fisik yang tersedia kurang optimal berdasarkan bentuk (pola ruang) kurang teratur, warna monoton, dan kelas-kelas lebih tertutup sehingga tingkat kenyamanan anak saat berada dalam ruang, tidak memengaruhi karakter anak tersebut. Kemudian, sistem sirkulasi dan zoning area yang masih kurang direncanakan secara optimal sehingga sirkulasinya menjadi kurang teratur. Proses desain interior meliputi analisis, sintesis, dan evaluasi dengan mengumpulkan data dan literatur, kemudian memprosesnya menjadi desain akhir dan maket. Konsep “Playful Education” menginterpretasikan desain interior preschool yang terorganisir baik dengan menciptakan experience tersendiri pada masing-masing area belajar sambil bermain yaitu area bahasa, matematika, science, budaya, dan daily activity. Konsep Playful Education ini terisyaratkan pada media interaktif yang mengarah pada apparatus Montessori di beberapa sisi kelas yang dapat memengaruhi perkembangan sensorik dan motorik anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interior, Bambini, Montessori, Yogyakarta, Experience
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:38
Last Modified: 07 Nov 2019 06:38
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item