Pembelajaran Tari Bedana Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smp N 2 Bantul Yogyakarta

LESTARI, Reni Ida (2018) Pembelajaran Tari Bedana Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smp N 2 Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (817kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (188kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI RENI IDA LESTARI.pdf

Download (432kB)
[img] Text
SKRIPSI RENI IDA LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Tari Bedana dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP N 2 Bantul Yogyakarta. Pembelajaran Tari Bedana digunakan sebagai materi variasi serta untuk memberikan pengetahuan terhadap tarian yang berasal dari luar daerah Yogyakarta khususnya daerah Lampung. Pembelajaran dilakukan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, imitasi, hafalan, dan latihan. Proses pembelajaran ditekankan pada teknik penyampaian setiap geraknya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan 21 peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik validasi data menggunakan triangulasi dengan sumber dan metode. Triangulasi sumber dalam penelitian ini membandingkan sumber data dari guru Seni Budaya, guru ekstrakurikuler, dan peserta didik untuk mengetahui prroses pembelajaran ekstrakurikuler, sedangkan triangulasi metode membandingkan data yang berasal dari metode observasi dan wawancara. Selanjutnya data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran Tari Bedana yang menggunakan metode ceramah, demonstrasi, imitasi, hafalan, dan latihan berjalan cukup baik dilihat dari wiraga (gerak tangan, gerak kaki, dan pola lantai), wirama (kesesuain dengan musik iringan), dan wirasa (penjiwaan atau ekspresi). Peserta didik dapat menerima materi Tari Bedana dan menarikan dengan benar. Selain itu peserta didik dapat menerapkan arti nilai-nilai yang terkandung dalam Tari Bedana yakni pergaulan, kasih sayang, dan persaudaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, Tari Bedana, ekstrakurikuler, SMP N 2 Bantul, Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:43
Last Modified: 04 Dec 2019 06:43
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5523

Actions (login required)

View Item View Item