Yunita, Ayu Tresna and Siva, Adyn Noor (2018) Mata Pelajaran Ansambel Musik Sebagai Sub-Bahasan Seni Musik Dalam Kompetensi Dasar Seni Budaya dan Prakarya, Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Studi Kasus di sekolah Dasar Negeri Giwangan Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
|
Text
BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Download (186kB) |
|
Text
Lampiran 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text
Jurnal - Ayu Tresna.pdf Download (337kB) |
Abstract
Sistem pendidikan di Indonesia dilaksanakan berdasarkan pada kurikulum yang disebut juga sebagai program pendidikan. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, maka mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Tingkat Atas mulai memberlakukan kurikulum 2013 secara bertahap. Pada kurikulum Sekolah Dasar, pembelajaran seni khususnya seni musik termasuk ke dalam Seni Budaya dan Prakarya (SBDP). Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan capaian kompetensi tersebut, pada kenyataan operasional pelaksanaannya belum bisa berjalan secara maksimal karena keterbatasan dan kurangnya kemampuan guru menguasai seni budaya khususnya bidang musik. Penelitian tentang mata pelajaran ansambel musik sebagai sub bahasan seni musik dalam kompetensi dasar seni budaya dan karya kurikulum 2013 sekolah dasar, studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Giwangan Yogyakarta ini diharapkan dapat menjadi alternatif dan solusi mengatasi kendala pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada bidang musik. Tujuan berikutnya untuk mengetahui model pembelajaran seni budaya pada bidang musik yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah dasar dengan ansambel musik yang menggunakan alat musik melodis dan alat musik kreatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau disebut PTK. Penelitian tindakan kelas pada dasarnya adalah penelitian yang bertujuan untuk Penelitian tindakan kelas pada dasarnya adalah penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki praktek pembelajaran yang terjadi di dalam kelas melalui kegiatan observasi atau pengamatan. Pembelajaran ansambel musik dengan instrumen musik kreatif yang menggunakan alat-alat musik kreatif yang dapat dibuat sendiri maupun dengan instrumen melodis rekorder dan pianika mampu meningkatkan kemampuan siswa di Sekolah Dasar Negeri Giwangan Yogyakarta guna mencapai kompetensi dasar bidang seni musik pada kurikulum 2013.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Seni Budaya dan Prakarya, Ansambel musik | ||||||
Subjects: | Seni Musik | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | sugeng SW wahyuntini | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2020 05:26 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2020 05:26 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5763 |
Actions (login required)
View Item |