Usaha Meningkatkan Kemampuan Berbicara atau 'English Speaking Ability' Melalui Metode 'Material Approach' di Kalangan Mahasiswa Jurusan Seni Murni, FSR, ISI Yogyakarta Tahun Akdemik 2016/2017

Kurniati, Tri Septiana and Christi, Agatha (2018) Usaha Meningkatkan Kemampuan Berbicara atau 'English Speaking Ability' Melalui Metode 'Material Approach' di Kalangan Mahasiswa Jurusan Seni Murni, FSR, ISI Yogyakarta Tahun Akdemik 2016/2017. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang Penelitian:1). Bahasa Inggris hanya ditawarkan 2-4 SKS saja dengan 14 -28 jumlah pertemuan tatap muka selama menempuh S1, 2). Bahasa Inggris merupakan Mata Kuliah Umum Wajib Lulus yang bukan merupakan minat utama selama menempuh pendidikan di ISI Yogyakarta, 3). Dari empat keterampilan Bahasa Inggris, salah satu kesulitan yang dialami mahasiswa adalah dalam Speaking Skill, 4). Kemampuan Speaking ability sudah menjadi tuntutan bagi siapa saja dalam menghadapi era globalisasi, 5). Metode Material Approach penting diterapkan pada Kuliah Bahasa Inggris yang bukan Jurusan Bahasa Inggris (Non-English Department). Tujuan Penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan kemampuan berbicara atau speaking ability di kalangan mahasiswa Jurusan Seni Murni, FSR, ISI Yogyakarta pada semester Genap 2016/2017, 2). Menjelaskan pengaruh dari pada strategi pendekatan materi atau material approach dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan berbicara atau speaking ability di kalangan mahasiswa Jurusan Seni Murni, FSR, ISI Yogyakarta pada semester Genap 2016/2017. Penelitian berarti usaha menemukan, mengembangkan dan menguji suatu pengetahuan secara ilmiah (Sutrisno Hadi : 1978). Ada dua jenis tinjauan Penelitian yang akan diterapkan dalam tulisan ini, yaitu tinjauan penelitian kuantitatif dan tujuan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti tinjauan pustaka, observasi, quisioner, dan wawancara. Ada 63 (enam puluh tiga) mahasiswa yang terdaftar pada Mata Kuliah Bahasa Inggris pada Semester Genap 2016/2017, namun akan diambil sekitar 25 (dua puluh lima) mahasiswa sebagai sampel atau populasi penelitian. Hasil Penelitian mengenai kemampuan bicara Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Seni Murni Semester Genap 2016/2017: 1). Belum luwes dalam menyampaikan ide sesuai materi yang ada di RPS pada proses placement, 2). Mahasiswa masih takut melakukan kesalahan pada grammatical, pronounciation, intonation, diction dan lain-lain yang berkenaan dengan English speaking ability/skill, 3). Mahasiswa tidak selalu tertarik pada tema umum yang ditentukan, 4). Mahasiswa merasa Bahasa Inggris bukan Mata Kuliah Mayor, jadi kurang mendapat perhatian khusus, 5). Jika dievalusi pada Placement awal, rata-rata kemampuan English Speaking Ability bisa dikategorikan di Grade C atau C+, 6). Dosen perlu mempersiapkan tema yang memiliki kedekatan emosional dengan bidang ilmu yang digeluti mahasiswa dan dikaitkan dengan tema yang menjadi pokok pembahasan pada RPS, 7). Dengan Teknik Material Approach, mahasiswa tanpa terasa telah mengungkapkan atau mengeksplorasi kemampuan Bahasa Inggrisnya dengan sangat mengalir. 8). Karena tujuan peneliti adalah ‘exploring english speaking ability’, maka persoalan grammmatical structure dan lain sebagainya menjadi nomor 2 (dua) pada proses editing atau evaluasi kemampuan mahasiswa. Berikut saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini: 1). Dosen perlu memiliki keterampilan dalam mengeksplorasi kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa, 2).Memotivasi mahasiswa bahwa takut akan salah hanya akan meghambat mereka dalam mengeksplor kemampuan berbicara Bahasa Inggris mereka, 3).Dosen dapat lebih peka terhadap penerapan metode pengajaran yang akan diterapkan di dalam kelas, 4). Mahasiswa perlu menyadari sedari dini bahwa Kuliah Bahasa Inggris akan mendukung karir, dan perjalanan hidup mahaiswa baik sekarang terlebih nanti bila telah menjadi seniman yang sarjana, 5). Untuk hal tersebut hendaknya mahasiswa senantiasa juga memiliki kesungguhan yang sama seperti mempelajari kuliah yang lainnya, 6). Hendaknya mahasiswa juga bisa memotivasi dirinya dengan berlatih tidak hanya di kelas, tetapi juga di luar kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM
Kurniati, Tri Septiana0503098001
Christi, Agathanim1712719021
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Eglish speaking, kemampuan berbicara
Subjects: Seni Murni > Seni Lukis
Seni Murni > Seni Patung
Seni Murni > Seni Grafis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 03 Mar 2020 05:45
Last Modified: 03 Mar 2020 06:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5765

Actions (login required)

View Item View Item