Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul

Hintari Garida, NIM 1111693013 (2015) Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas karpet piano dalam pembelajaran musik dan mengetahui proses pembelajaran musik dengan media karpet piano. Model pembelajaran ini dilakukan karena melihat adanya minat yang tumbuh dalam diri siswa untuk mempelajari musik namun terkendala dengan fasilitas. Diharapkan dengan adanya model pembelajaran ini dapat menjadi cara alternatif pada dunia musik pendidikan. Adanya minat tersebut terlihat dari kegembiraan dan keaktifan siswa ketika mengikuti kegiatan musik kreatif, yaitu pembelajaran musik menggunakan alat musik non konvensional, yang diadakan sebelumnya. Karpet piano digunakan sebagai alat peraga selama proses pembelajaran dimaksudkan agar siswa lebih cepat menghafal tuts piano sehingga tidak mengalami kesulitan pada saat bermain piano. Materi musik diajarkan dengan cara bermain, seperti menebak nilai nada, menempelkan notasi balok serta melompat dan menyanyi pada karpet piano. Subjek penelitian adalah sepuluh siswa kelas IA SD Jurug, Sewon, Bantul dengan metode penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus. Data penelitian ini diambil dari hasil wawancara terhadap wali kelas, para siswa, orang tua siswa, guru kesenian dan kepala sekolah SD Jurug. Kemampuan rata-rata untuk teori musik; permainan karpet; permainan piano di atas target yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karpet piano dapat digunakan dalam pengenalan musik secara berkelompok. Beberapa permainan yang dilibatkan dalam proses penjelasan materi musik baik teori maupun praktik juga memberi kemudahan dan kesenangan tesendiri bagi para siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Hintari Garida, NIM 1111693013UNSPECIFIED
Department: Jurusan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: karpet piano, model pembelajaran, cara alternatif, musik, tuts piano, sekolah SD Jurug, materi musik
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 22 Sep 2015 06:43
Last Modified: 22 Sep 2015 06:43
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item