Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta

Nugroho, Kantoko Satmo (2019) Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (809kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
JURNAL KANTOKO 1510051017.pdf

Download (281kB)
[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemampuan seorang guru mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan emosional. Guru dapat memberikan solusi terhadap siswa yang memiliki latar belakang masalah dan minat belajarnya rendah menjadi lebih baik, hal itu terjadi di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Pokok permasalahan yang diangkat adalah penggunaan pendekatan emosional guru dalam memberikan solusi pada siswa yang memiliki masalah dan masalah tersebut berpengaruh pada proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Objek penelitiannya adalah proses pembelajaran Seni Budaya, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIII B untuk mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian dilakukan sejak bulan Februari sampai Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu mendeskripsikan sesuai dengan fakta yang ada. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas VIII B mata pelajaran Seni Budaya semester genap tahun ajaran 2018-2019. Metode pengumpulan datanya studi pustaka, observasi, dan wawancara; sedangkan uji validitasnya menggunakan triangulasi metode, sumber, dan teknik pengambilan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan emosional dapat memberikan solusi pada permasalahan yang siswa alami pada proses pembelajaran. Pendekatan emosional memberikan dampak perubahan pada siswa yang memiliki masalah pada proses pembelajaran. Perubahan tersebut berupa perubahan sikap yang dulunya siswa sangat tidak peduli dengan pembelajaran menjadi antusias saat mengikuti pembelajaran seni budaya. Perubahan juga terjadi pada perilaku siswa, perilaku siswa yang dulunya tidak patuh kepada guru menjadi patuh dan dekat dengan guru. Perubahan emosi juga terjadi pada siswa, emosi siswa yang dulunya negatif yaitu mudah marah menjadi lebih sabar dan bisa mengendalikan emosinya. Perubahan tersebut juga mempengaruhi pada hasil belajar siswa yang meningkat diantaranya penilaian semester dan penilaian sikap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Nugroho, Kantoko Satmonim1510051017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
UNSPECIFIEDRaharja, Budinidn0012015707
Department: KODEPRODI88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendekatan Emosional, Seni Budaya
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 08 Apr 2020 03:33
Last Modified: 08 Apr 2020 03:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5900

Actions (login required)

View Item View Item