Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta

Amelia, Rosa (2019) Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode eurhythmics Dalcroze pada pembelajaran biola tingkat dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta sebagai pendamping metode yang sudah ada. Pada proses pembelajaran biola murid masih merasa kesulitan ketika membaca notasi balok, membaca ritmis dan teknik bermain biola. Peneliti menghadirkan metode eurhythmics Dalcroze agar pembelajaran lebih bervariatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan murid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif jenis kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Contoh penerapan metode eurhythmics adalah murid mendapatkan solfeggio, eurhythmics, dan improvisasi, . Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan metode eurhythmics Dalcroze dapat meningkatkan kemampuan bermain biola dalam pembelajaran biola tingkat dasar mengunakan metode Dalcroze di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dalcroze, Metode Eurhythmics, pembelajaran, biola
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 17 Apr 2020 03:31
Last Modified: 17 Apr 2020 03:53
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5943

Actions (login required)

View Item View Item