Penetapan Harga Lukisan Kontemporer Pada Galeri di Indonesia Tahun ke 1 dari rencana 1 tahun

Ratnaningtyas, Yohana Ari (2018) Penetapan Harga Lukisan Kontemporer Pada Galeri di Indonesia Tahun ke 1 dari rencana 1 tahun. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Bab II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (505kB)

Abstract

Bisnis di bidang seni rupa khususnya lukisan kontemporer mengalami perkembangan pesatkarena menghasilkan banyak uang dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat luas. Penelitian tentang kondisi pasar seni rupa masih banyak diabaikan oleh para praktisi maupun akademisi di bidang pemasaran. Di Indonesia penelitian dibidang harga khususnyakarya seni masih sangat sedikit, karena terdapat banyak faktor yang tidak bisa diukur dan dianalisis hanya berdasarkan stuktur biaya. Hal ini yang menarik penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penetapan harga lukisan kontemporer yang ditinjau berdasar nilai persepsian pelanggan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengeksplorasi dan memahami makna, atau fenomena yang sedikit sekali dipahami dan mengembangkan gagasan awal mengenai hal tersebut. Menggunakan teknik ladderingyang sangat berguna dalam memahami perilaku konsumen dan bertujuan untuk meneliti opini, sikap dan kepercayaan individu, serta teknik ZMETyang mengungkapkan makna relevansi personal dengan suatu topik dan memetakan makna tersebut sebagaimodel mental seperti sikap, simbol, tindakan, citra, juga merepresentasi pengalaman sensorik seperti sentuhan, rasa, bau, suara dan warna.Penelitian ini berusaha memberikan kontribusi pengetahuan dengan mengeksplorasi berbagai faktor yang relevan dalam penetapan harga serta mencoba menganalisis bagaimana proses terbentuknya penetapan harga lukisan kontemporer di galeridi Indonesia. Penelitian ini memberikan perspektif baru pemasaran khusunya pasar seni rupa dengan memperluas teori pertukaran pemasaran yang memasukkan aspek simbolisasi dan nilai-nilai sosial serta bertujuan mengembangkan kerangka konseptual dalam memberikan penilaian pasar seni rupa yang terkait dengan penetapan harga pada penjualan lukisan kontemporer di galeri Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM
Ratnaningtyas, Yohana Arinidn0005027304
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: penetapan harga, lukisan kontemporer, galeri Indonesia
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 02 Jun 2020 07:12
Last Modified: 02 Jun 2020 07:12
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6112

Actions (login required)

View Item View Item