Pendidikan Pemustaka di Perguruan Tinggi: Alternatif kegiatan yang dapat dilakukan perpustakaan

Samiyati, Samiyati (2019) Pendidikan Pemustaka di Perguruan Tinggi: Alternatif kegiatan yang dapat dilakukan perpustakaan.

[img] Text
Pendidikan Pemustaka di Perguruan Tinggi.pdf

Download (97kB)

Abstract

Makalah ini tentang pendidikan pemustaka di perguruan tinggi. Pendidikan pemustaka adalah kegiatan membimbing dan memberikan petunjuk kepada pemustaka agar mampu memanfaatkan layanan perpustakaan secara efektif dan efisien. Cara tersebut dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pemustaka maupun kemampuan yang dimiliki perpustakaan. Dengan pemilihan cara yang tepat, tujuan perpustakaan dalam ‘mengenalkan diri’ ke pemustaka dapat sesuai sasaran. Makalah ini menguraikan jenis, materi, dan format pendidikan pemustaka yang dapat dilakukan di perpustakaan perguruan tinggi; kendala yang dihadapi, berupa kendala teknis dan kognitif; serta solusi yang dapat dilakukan perpustakaan untuk mengatasi kendala tersebut. Solusi yang ditawarkan berupa: meningkatkan posisi tawar perpustakaan; meningkatkan kemampuan hardskill maupun softskill pustakawan; membangun kerjasama dan kolaborasi; dan mengadakan studi banding ke tempat lain. Kata kunci: pendidikan pemustaka, user education, perpustakaan perguruan tinggi, kegiatan alternatif.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsNIM
Samiyati, Samiyatinip197706062003122002
Uncontrolled Keywords: pendidikan pemustaka, user education, perpustakaan perguruan tinggi, kegiatan alternatif
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 29 Jun 2020 05:22
Last Modified: 06 Jul 2020 03:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6191

Actions (login required)

View Item View Item