Samiyati, Samiyati (2019) Pendidikan Pemustaka di Perguruan Tinggi: Alternatif kegiatan yang dapat dilakukan perpustakaan.
Text
Pendidikan Pemustaka di Perguruan Tinggi.pdf Download (97kB) |
Abstract
Makalah ini tentang pendidikan pemustaka di perguruan tinggi. Pendidikan pemustaka adalah kegiatan membimbing dan memberikan petunjuk kepada pemustaka agar mampu memanfaatkan layanan perpustakaan secara efektif dan efisien. Cara tersebut dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pemustaka maupun kemampuan yang dimiliki perpustakaan. Dengan pemilihan cara yang tepat, tujuan perpustakaan dalam ‘mengenalkan diri’ ke pemustaka dapat sesuai sasaran. Makalah ini menguraikan jenis, materi, dan format pendidikan pemustaka yang dapat dilakukan di perpustakaan perguruan tinggi; kendala yang dihadapi, berupa kendala teknis dan kognitif; serta solusi yang dapat dilakukan perpustakaan untuk mengatasi kendala tersebut. Solusi yang ditawarkan berupa: meningkatkan posisi tawar perpustakaan; meningkatkan kemampuan hardskill maupun softskill pustakawan; membangun kerjasama dan kolaborasi; dan mengadakan studi banding ke tempat lain. Kata kunci: pendidikan pemustaka, user education, perpustakaan perguruan tinggi, kegiatan alternatif.
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | pendidikan pemustaka, user education, perpustakaan perguruan tinggi, kegiatan alternatif | ||||
Divisions: | Repository ISI Yogyakarta | ||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | ||||
Date Deposited: | 29 Jun 2020 05:22 | ||||
Last Modified: | 06 Jul 2020 03:01 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6191 |
Actions (login required)
View Item |