Eksplorasi Material Lidi Dalam Penciptaan Seni Patung

Nur Wiyanto, NIM 0811894021 (2015) Eksplorasi Material Lidi Dalam Penciptaan Seni Patung. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (920kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Dalam penciptaan karya pada Tugas Akhir ini, penulis melakukan proses berkarya yang dimulai dari proses penentuan dan eksplorasi material sampai terciptanya karya. Pemilihan pada dua jenis material lidi, yaitu lidi kelapa dan aren karena mempunyai karakter dan potensi yang menarik untuk dilakukan eksplorasi.Dalam prosesnya, penulis membuat rancangan bentuk sebagai alasan berbuat atau bertindak untuk mengolah lidi, menggali berbagai kemungkinan kebentukan yang lain ketika proses kreatif berlangsung. Bentuk yang hadir belum tentu sama dengan bentuk pada rancangan awal dikarenakan menyesuaikan pada karakter lidi. Dalam perwujudan karya digunakan teknik anyam bebas sebagai ungkapan ekspresi, teknik anyam ini tidak terikat oleh motif tertentu, tetapi tetap mempertimbangkan unsur estetis seperti keselarasan, keseimbangan dan irama. Proses lahirnya bentuk pada perwujudan karya, entah itu termasuk representasional maupun non representasional merupakan otoritas dari penikmat untuk menerjemahkan atau menafsirkan, karena proses kreasi yang dijalankan tidak melalui prakonsepsi atau pamrih kebentukan. Masalah representasional atau non representasional lebih bersifat interpretativ atau penafsiran individu yang melihat dan mengamati.Eksplorasi material yang dilakukan adalah untuk melihat sejauh mana potensi material dapat dimaksimalkan sehingga bentuk yang dihasilkan akan beragam. Penulis memutuskan bahwa karya dianggap selesai apabila sudah mantap dari pribadi penulis baik dari segi bentuk maupun dari olahan pada karakter alaminya. Setelah melakukan proses eksplorasi terhadap lidi, didapati sebuah pembelajaran terhadap material yang digunakan. Beda perlakuan terhadap lidi juga pasti berbeda penanganan. hal inilah yang menjadi landasan dalam eksplorasi material lidi, mengerti akan kekuatan material yang selanjutnya dilakukan penanganan yang sesuai. Menuntun material berdasarkan potensi yang dimilikinya adalah syarat utama atas terciptanya sebuah bentuk dari karya, bukan pada keinginan untuk manaklukan material. Bentuk – bentuk yang dihasilkan dari eksplorasi tersebut didapati berupa bentuk volumentrik, organik, biomorfik dan bentuk linier tanpa anyaman. Semua bentuk tersebut dapat dicapai melalui proses anyaman secara acak tanpa berdasar pada pola tertentu. Proses berkarya yang menuntun material pada proses kebentukan berdampak pada rasa kebebasan dan lepas tanpa adanya beban, yang pada prosesnya mengalir begitu saja sehingga menjadi kesan kepuasan tersendiri bagi penulis. Begitu juga bagi masyarakat agar lebih dapat memanfaatkan material-material alami sehinggga dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang mempunyai nilai estetis dan fungsional. Khususnya dalam dunia seni rupa di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lidi, tiga dimensional, pelepah daun pohon kelapa, aren, anyaman, keserasian (harmony), keseimbangan (balance), dominasi, irama (rhytem),kesatuan (unity)
Subjects: Seni Murni > Seni Patung
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Patung
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 02 Oct 2015 01:39
Last Modified: 02 Oct 2015 01:39
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item