PENYUTRADARAAN NASKAH PELAJARAN KARYA EUGЀNE IONESCO Terjemahan Toto S. Bachtiar

Fajriyani S H, Ghea (2019) PENYUTRADARAAN NASKAH PELAJARAN KARYA EUGЀNE IONESCO Terjemahan Toto S. Bachtiar. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (48kB)
[img] Text
JURNAL Ghea Fajriyani S H.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Tulisan ini berisi tentang proses penyutradraan naskah Pelajaran karya Eugène Ionesco, yang bercerita tentang seorang murid yang dibunuh oleh profesor pada proses belajar. Naskah ini menyoroti persoalan dehumanisasi dalam dunia pendidikan. Di mana pola pengajaran dengan pendidikan gaya bank masih diterapkan hingga hari ini. Murid adalah objek dan guru bertindak sebagai subjek di dalam kelas yang kadang semena-mena. Teori analisis yang digunakan ialah struktur dan tekstur Kernodle. Teori ini dipilih karena teori ini cukup spesifik bagi sutradara untuk menganalisis struktur drama yakni : alur, karakter, dan tema. Kemudian tekstur : dialog, spektakel, dan suasana. Dalam menganalisis sutradara juga membaca latar belakang pengarang sebagai pendukung analisis teks. Untuk memahami absurditas lakon Pelajaran yang diwujudkan dalam pemanggungan, menggunakan teori teater absurd. Berbagai citraan dipakai menjadi dasar-dasar pengadeganan. Dasar akting karikatural untuk menciptakan kesan jenaka pada penonton merupakan upaya menjawab abusrditas teks Pelajaran. Metode yang digunakan dalam menganalisis naskah yakni metode penelitian kepustakaan. Di mana seorang peneliti membaca karya-karya terdahulu untuk kemudian meneliti satu objek material yang sama. Langkah-langkah yang ditempuh ialah mengumpulkan buku-buku atau bahan bacaan yang memberikan gambaran umum mengenai persoalan yang akan digarap. Buku-buku yang harus dibaca secara mendalam dan cermat karena bahan-bahan yang akan diperlukan bersumber dari buku-buku tersebut. Sedangkan metode untuk menteksturkan gagasan yakni memahami pola-pola pengadeganan teater absurd, menggambarkan dialog dengan citraan-citraan, dan eksplorasi permainan dengan seluruh aspek yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Fajriyani S H, Gheanim1410758014
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPrasetiya, Agusnidn0013086005
Thesis advisorArisona, Nanangnidn0012126712
Department: KODEPRODI91251#
Uncontrolled Keywords: Penyutradaraan, Pelajaran, Eugène Ioneso, Teater Absurd, Kernodle
Subjects: Teater > Penciptaan (penyutradaraan, penataan artistik, penulisan naskah,pemeranan)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 03 Sep 2020 00:49
Last Modified: 27 Oct 2020 04:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item