Ikan Cupang Dalam Penciptaan Seni Kriya Logam

Asep Dadan Iskandar, NIM 101 1521 022 (2015) Ikan Cupang Dalam Penciptaan Seni Kriya Logam. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (698kB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang banyak digemari oleh masyarakat dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Ikan cupang memiliki keindahan pada bentuk dan warna tubuhnya, sehingga menarik minat penggemar ikan hias untuk memelihara ikan tersebut, seperti halnya yang terjadi dengan penulis yang menjadikan ikan cupang sebagai hewan peliharaan, berawal dari kesukaan terhadap ikan cupang inilah penulis mengangkat ikan cupang sebagai sumber ide penciptaan karya Tugas Akhir. Penulis melakukan pendekatan dari segi estetika, yaitu dengan melihat ikan cupang dari segi keindahannya. Keindahan ikan cupang terdapat pada unsur warna dan bentuk ikan tersebut. Proses penciptaan karya seni ini melalui berbagai tahap yaitu, eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka dan observasi terhadap ikan cupang. Pembuatan karya juga melalui tahap perancangan karya sehingga diperoleh desain yang kemudian diwujudkan ke dalam bentuk karya seni dua dimensi dan tiga dimensi. Karya Tugas akhir diwujudkan dengan menggunakan teknik cor logam dan teknik pahat yang mencakup teknik rancapan, wudhulan, dan endak-endakan kemudian finishing menggunakan PK pada karya dua dimensi dan finishing dengan teknik slep pada karya tiga dimensi. Karya yang dihasilkan merupakan benda yang berfungsi sebagai penghias interior.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ikan Cupang, Seni Kriya Logam, unsur warna, bentuk ikan, teknik rancapan, wudhulan, endak-endakan, interior
Subjects: Kriya > Kriya Logam
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Logam
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 05 Oct 2015 04:00
Last Modified: 05 Oct 2015 04:00
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item