Hanipah, Eva (2019) PERUBAHAN KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM PENULISAN NASKAH “MULANG” DENGAN MENGGUNAKAN DRAMATIC PLOT SEBAGAI PEMBANGUN KONFLIK. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (9MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Download (191kB) |
|
Text
JURNAL EVA HANIPAH.pdf Download (2MB) |
|
Text
SKENARIO Eva Hanipah.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Skenario “Mulang” merupakan cerita dengan genre fiksi ilmiah yang mengangkat kisah seorang anak yang memiliki sifat introver tanpa sengaja melakukan perjalanan waktu ke tahun 1982, jauh sebelum dirinya lahir. Perjalanan waktu ini mempertemukan anak tersebut kepada seorang gadis desa yang memiliki sifat bertolak belakang dengan dirinya. Pengalamannya selama beberapa hari tinggal di tahun 1982 membuat tokoh utama mengubah cara pandang tentang kehidupannya. Cerita berfokus pada karakter utama, dimana segala yang dialami dalam cerita berkaitan dengan perubahan pada karakter utama, konflik yang terjadi meliputi konflik batin antara karakter tokoh utama dengan dirinya sendiri, dimana ia berusaha berdamai dengan sifatnya untuk membuka diri dan bertahan hidup di tempat asing dan baru baginya, karakter lainnya dalam cerita berpengaruh kepada perubahan karakter utama. Struktur dramatik yang digunakan adalah struktur tiga babak, dengan tahapan babak pengenalan (Babak I), babak konflik (Babak II), dan babak penyelesaian (Babak III), dengan plot linier dimana konflik yang terjadi sepanjang cerita akan terselesaikan pada saat itu juga, penonton tidak akan dibuat menunggu tentang langkah-langkah yang akan diambil oleh karakter tokoh utama. Sepanjang cerita di bagian-bagian babaknya karakter utama tokoh akan mengalami perubahan sifat dan sikap secara berkepanjangan bukan perubahan sesaat. Konsep penciptaan karya ini mengarah pada konflik batin yang terjadi pada tokoh utama, konflik batin ini nantinya karakter tokoh utama bisa mengatasi masalahnya, dan mulai membuka diri kepada lingkungannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Skenario Fiksi, Perubahan Karakter, Dramatik | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | sri SE endarti | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2020 08:33 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2020 02:48 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7000 |
Actions (login required)
View Item |