Representasi Perilaku Manusia Konsumtif dalam Fotografi Ekspresi

Manalu, Daniel Roganda (2019) Representasi Perilaku Manusia Konsumtif dalam Fotografi Ekspresi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (869kB)
[img] Text
BAB II s.d BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (457kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
KARYA_1310025131 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Katalog PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text
Photobook.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy
[img] Text
POSTER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_1310025131 .pdf

Download (875kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penciptaan karya Tugas Akhir fotografi ini merupakan bentuk penyampaian ide dan konsep sekaligus bentuk kritik sosial terhadap perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif adalah perilaku membeli suatu hal secara berlebihan yang cenderung mengarah pada sifat irasional dan kompulsif, sehingga secara ekonomis berdampak inefisiensi, sedangkan secara psikologis berdampak timbulnya kecemasan dan rasa tidak aman. Pada penciptaan karya Tugas Akhir fotografi ini, perilaku konsumtif manusia akan direpresentasikan melalui berbagai objek yang mewakili perilaku dan gaya hidup konsumtif tersebut dan dikemas dalam bentuk sajian berupa foto montase imajinatif. Bentuk sajian karya fotografi ini bertujuan agar nantinya karya-karya yang diciptakan tidak secara gamblang menampilkan perilaku konsumtif yang dimaksud. Hal ini guna menghadirkan ruang kontemplasi bagi penikmat untuk dapat sepenuhnya memahami pesan yang terkandung dalam setiap karya fotografi tersebut. Karya-karya fotografi diciptakan dengan manusia sebagai subjek utama yang kemudian dipadukan dengan objek pendukung berupa simbol-simbol yang identik dengan perilaku konsumtif, seperti logo merek dagang ternama, lambang makanan cepat saji, dan upaya-upaya manusiawi yang berhasrat menampilkan citra diri secara berlebihan. Penciptaan karya fotografi ini bertujuan memvisualkan perilaku-perilaku konsumtif manusia melalui elemen-elemen dalam fotografi ekspresi sekaligus menjadi media kritik sosial terhadap perilaku manusia modern di zaman ini. Kata Kunci: perilaku konsumtif, fotografi ekspresi, kritik sosial, foto montase imajinatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Manalu, Daniel Rogandanim1310025131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWulandari, Artinidn0030117505
UNSPECIFIEDSamaratungga, Oscarnidn0013077608
Department: KODEPRODI91271#
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumtif, fotografi ekspresi, kritik sosial, foto montase imajinatif
Subjects: Fotografi > fotografi ekspresi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:16
Last Modified: 02 Nov 2020 07:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7088

Actions (login required)

View Item View Item